SUARA INDONESIA

MI Kahasri Kota Probolinggo Target Prestasi Siswa Taraf Internasional

Lutfi Hidayat - 08 June 2024 | 08:06 - Dibaca 2.62k kali
Pendidikan MI Kahasri Kota Probolinggo Target Prestasi Siswa Taraf Internasional
Tasyakuran kelulusan siswa kelas VI MI Kahasri Kota Probolinggo di gedung serbaguna Paseban Sena, Jumat malam (7/6/2024). (Foto: Lutfi Hidayat/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, PROBOLINGGO – Madrasah Ibtidaiyah KH. Hasyim Asy’arie (MI Kahasri) yang berada dalam naungan Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Kota Probolinggo di jalan MT. Haryono Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur menargetkan prestasi siswa tingkat internasional.

Hal itu disampaikan Kepala MI Kahasri M. Sahroni Hidayat saat malam tasyakuran kelulusan siswa kelas VI di gedung serbaguna Paseban Sena, Kota Probolinggo, Jumat malam (7/6/2024).

Menurut Sahroni, sudah saatnya MI Kahasri bersaing dalam mendulang prestasi, baik bidang akademik maupun seni bertaraf internasional.

Sebab, para siswa MI Kahasri telah banyak meraih prestasi tingkat wilayah dan nasional. Sehingga perlu menaikkan tarafnya ke kancah internasional.

“Saat ini, kami selalu sosialisasikan kepada wali siswa bahwa MI Kahasri harus berprestasi di tingkat nasional. Kerja keras madrasah dan dukungan wali siswa ini menjadi modal penting untuk meraih hal tersebut,” terang Roni, sapaan akrabnya.

Salah satu target prestasi tingkat internasional itu telah terwujud, yakni dengan raihan seorang siswa peserta olimpiade matematika di Australia yang membawa pulang trofi perunggu (bronze medal).

“Alhamdulillah, di tahun 2024 seorang siswa kami meraih medali perunggu dalam olimpiade matematika internasional di Australia. Hal ini, akhirnya memicu teman-temannya yang lain untuk ikut maju pada olimpiade internasional serupa,” ungkapnya.

Roni menambahkan, bahwa ada 38 orang siswa MI Kahasri lainnya yang telah mendaftar mengikuti olimpiade internasional baik bidang sains, matematika maupun seni/budaya.

“Ini yang harus kita dukung bersama-sama antara pihak madrasah dan wali siswa. Dorong dan beri kesempatan anak-anak kita maju bersaing di tingkat internasional,” pungkasnya.

Malam tasyakuran kelulusan siswa (Happy Graduation 2024) MI Kahasri Kota Probolinggo itu, menampilkan kesenian tari oleh para siswa yang dikemas dalam konsep Dance Harmony Nusantara. Ada gabungan 3 jenis tari kreasi yang ditampilkan, yakni tarian Zafin, tarian Lathi dan tarian Asmaradana.

Pembimbing tari MI Kahasri Hari Sariawan, mengungkapkan makna dari penampilan Dance Harmony Nusantara adalah menyampaikan pesan ke-Bhineka-an kepada masyarakat luas, bahwa MI Kahasri memegang teguh kebersamaan dalam bingkai keragaman.

“Kami konsep Dance Harmony Nusantara. Ini untuk mengingatkan anak-anak kita sekaligus menyampaikan pesan ke-Bhinekaa-an yang selalu melekat di negara kita,” tandasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV