SUARA INDONESIA

Ajarkan Kekompakan dan Kerjasama, MPLS MAN 7 Jombang Diisi Permainan Tradisional

Gono Dwi Santoso - 18 July 2024 | 16:07 - Dibaca 2.14k kali
Pendidikan Ajarkan Kekompakan dan Kerjasama, MPLS MAN 7 Jombang Diisi Permainan Tradisional
Siswa MAN 7 Jombang saat bermain tandem bakiak di halaman sekolah, Kamis (18/07/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 7 Jombang, Jawa Timur, mengisi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan latihan baris berbaris dan permainan tradisional tandem bakiak.

Permainan itu dilakukan di halaman sekolah Desa Keboan, Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (18/07/2024).

Pantauan di lokasi, sebanyak 190 siswa mengikuti kegiatan baris berbaris tersebut. Mereka menjalani dengan riang gembira dan dilanjutkan dengan permainan tradisional bakiak.

Dalam permainan tersebut, para siswa dibagi menjadi beberapa grup. Tidak jarang peserta yang jatuh dan bangkit untuk mencapai garis finish dalam permainan tradisional ini.

Kepala MAN 7 Jombang, Masrukin mengatakan, kegiatan ini adalah pendidikan karakter dan pendidikan untuk moderasi beragama, terutama menghargai tradisi lokal.

"Pendidikan karakternya membentuk pribadi yang lebih disiplin yang dipimpin langsung TNI dan Polri. Dilanjutkan dengan permainan tradisional untuk pembentukan karakter kerjasama, yaitu tandem bakiak," terangnya.

Masrukin mengatakan, kegiatan membentuk karakter ini siswa diajak bermain tandem bakiak, baik siswa putra maupun putri. Diharapkan, dengan kegiatan ini para siswa baru lebih senang berada di madrasah saat mengikuti MPLS.

“Anak-anak juga bisa lebih menghargai kebiasaan masyarakat dengan permainan tradisional. Permainan itu bisa membentuk karakter persatuan anak sehingga mereka lebih kompak," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV