SUARA INDONESIA

Cara SD Al-Baitul Amien Jember Cetak Lulusan Berbudi, Rutin Ajak Salat Berjemaah

Magang (Fathur Rozi) - 20 July 2024 | 09:07 - Dibaca 1.34k kali
Pendidikan  Cara SD Al-Baitul Amien Jember Cetak Lulusan Berbudi, Rutin Ajak Salat Berjemaah
Sejumlah siswa SD Al Baitul Amien 1 Jember sepulang salat Jumat di Masjid Jamik Al Baitul Amien, Jumat (19/7/2024). (Foto: Fathur Rozi untuk Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JEMBER- Selain belajar, sekolah perlu memberikan pendidikan keimanan yang dapat menuntun siswa agar menjadi pribadi yang berbudi. Seperti yang dilakukan oleh SD Al-Baitul Amien 1.

Lembaga pendidikan dasar yang terletak di pusat kota Jember ini, mewajibkan siswa salat berjemaah. Mulai dari Dhuha, Zuhur hingga salat Asar.

"Selain untuk pembelajaran, hal itu juga bertujuan untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari dalam fiqih," ujar Luluk, Bidang Kesiswaan SD Al-Baitul Amien 1 Jember, Jumat (19/7/2024).

Dia menjelaskan, hal tersebut juga menyelaraskan dengan visi lembaga, yakni "Terwujudnya Lulusan yang Sholih dan Cerdas". Selain belajar untuk mengasah pikiran, siswa juga diharapkan dapat memenuhi kewajibannya sebagai seorang muslim.

"Salah satu pendukung untuk menuju generasi saleh adalah dengan salat setiap hari," tambahnya.

Sementara itu, khusus salat Jumat, siswa putra dari kelas tiga hingga enam, wajib melaksanakannya dalam Masjid Agung Al-Baitul Amien.

"Sebenarnya untuk kelas tiga kan masih kecil, tapi sudah kami ajarkan sejak dini. Namun, untuk siswa yang lain, tetap melaksanakan salat di dalam sekolah dan Masjid Jami' lama, seperti hari biasanya," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Magang (Fathur Rozi)
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV