SUARA INDONESIA

Audriya Az Zahra Tungga Dewi Asal Tanah Pasundan, Berhasil Menjuarai Lomba Biologi Tingkat Nasional di Jember

Fathur Rozi (Magang) - 15 October 2024 | 10:10 - Dibaca 386 kali
Pendidikan Audriya Az Zahra Tungga Dewi Asal Tanah Pasundan, Berhasil Menjuarai Lomba Biologi Tingkat Nasional di Jember
Audriya Az Zahra Tungga Dewi, saat menerima piala dan piagam dari penyelenggara lomba, Sabtu (13/10/2024). (Foto:F Fathur Rozi/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JEMBER - Perjalanan panjang dari tanah Pasundan menuju kota tembakau membuahkan hasil. Audriya Az Zahra Tungga Dewi, siswi kelas X MAN 1 Subang, Jawa Barat berhasil meraih juara II lomba cerdas cermat biologi tingkat nasional yang digelar salah satu Kampus swasta di Jember, Jawa Timur pada Sabtu (12/10/2024).

Diraihnya juara II tersebut, membuatnya terkejut dan berlinang air mata, karena pada awalnya ia tidak menyangka akan mendapat kemenangan tersebut. Bahkan hampir saja hendak pulang dari kegiatan lomba saat namanya tak disebut pada pembacaan nominasi juara harapan 1 dan 2.

“Saya tidak menyangka akan mendapat juara, karena awal mengikuti lomba ini alasannya iseng saja. Ehh ternyata lolos Final. Dan mendapat juara 2,” haru Audriya saat ditemui, Selasa (15/10/2024).

Namun, untuk meraih prestasi tersebut, Audriya Az Zahra menjelaskan, setiap sepulang sekolah ia selalu meluangkan waktu sekitar satu hingga dua jam untuk mempelajari materi biologi.

Selain itu siswi kelas 10 tersebut, juga menyadari, bahwa materi yang akan dilombakan, tidak hanya terpaku pada materi kelasnya saja, namun juga meliputi kelas di atasnya.

“Tantangan tersulitnya harus mempelajari materi biologi kelas 11 dan 12. Yang mana itu belum didapat di sekolah,” terangnya.

Namun, minat Audriya pada dunia biologi, sudah terbangun sejak SMP kelas 1, khususnya pada materi anatomi manusia. Sebab dirinya juga memiliki cita-cita sebagai seorang dokter yang telah lama ia dambakan.

“Itu yang membuat saya tertarik mengikuti lomba ini. Selain untuk menguji kemampuan, juga ingin membuktikan kepada keluarga bahwa saya bersungguh-sungguh untuk meraih cita-cita," ungkap Zahra.

Selain itu, ia juga menceritakan bahwa perjalannya dari Jawa Barat menuju Jember diantar oleh keluarganya langsung, menggunakan mobil pribadi, yang mana telah memakan waktu sekitar 13 jam perjalanan.

“Seharusnya hanya ditempuh dalam kurun waktu 11 jam. Namun tertahan karena terjadi macet yang diakibatkan oleh kebakaran salah satu mobil di jalan yang kami lalui,” tutupnya kepada suaraindonesia.co.id. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Fathur Rozi (Magang)
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV