SUARA INDONESIA

Evaluasi Pilkada 2020, KPU Tuban Terima Banyak Catatan dari Bawaslu

M. Efendi - 19 March 2021 | 18:03 - Dibaca 3.78k kali
Peristiwa Daerah Evaluasi Pilkada 2020, KPU Tuban Terima Banyak Catatan dari Bawaslu
Foto: Komisioner KPU Tuban bersama KPU Jawa Timur, Bawaslu dan Forkopimda Kabupaten Tuban saat berfoto bersama usai evaluasi Pilkada 2020, (Diah/suaraindonesia.co.id)

TUBAN - Pelaksanaan evaluasi tahapan pemilihan daerah tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban banyak mendapatkan catatan masukkan terkait pelaksanaan yang sudah dilakukan mulai dari tahapan perencanaan sampai tahapan penetapan pasangan calon terpilih.

Ketua KPUD Tuban, Fathul Ikhsan mengatakan, hari ini KPU melaksanakan evaluasi pilkada dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Adanya masukan terkait pelaksanaan yang telah dilaksanakan mulai tahapan perencanaan sampai tahapan penetapan pasangan calon terpilih.

“Evaluasi hari ini agar semua pihak bisa memberikan masukkan ke KPU dan masukkan itu akan kita sampaikan ke KPU RI yang mempunyai kebijakan terkait dengan regulasi teknis pelaksanaan pemilihan atau pemilu,” ungkap Fathul Ikhsan saat ditemui suaraindonesia.co.id di kantor KPUD, jalan Pramuka Tuban. Jum’at, (19/03/2021).

Menurut Fathul Ikhsan, masukkan dari Rumah Sakit untuk memfasilitasi TPS khusus di RS akan disampaikan ke KPU RI sebagai mediasi, meski sebetulnya sudah ada perubahan. Sedangkan, untuk Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), dulu di fasilitasi TPS sekitar, akan tetapi kemarin sudah dibuatkan TPS di Lapas tersebut. 

“Ya masukkan masukkan itu insyaallah akan diperhatikan betul oleh KPU RI,” terang Fathul Ikhsan.

Ditanya terkait dengan anggaran, pihaknya tidak bisa memberikan penjelasan secara rinci, namun saldo masih banyak dan akan dikembalikan setelah semua tahapan selesai.

Sementara itu, sejumlah catatan tersebut juga disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten Tuban Bidang Sengketa, Sunarso menegaskan, catatan itu diantaranya ada kaitan dengan regulasi pelaksanaan pilkada serentak 2020 yang berubah karena menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19.

“Kinerja dari teman-teman KPU Tuban baik ditingkat PPK maupun PPS sudah baik, namun teman-teman masih sering tidak sinkron (Ngeyel) kaitannya dengan data,” ungkap Sunarso.

Selain itu, peserta pemilih yang alhamdulillah sudah cukup paham dengan tahapan pelaksanaan pilkada kemarin, sehingga tahapan pilkada berlangsung lancar.

“Saya sampaikan terimakasih juga kepada rekan rekan media karena sudah membantu cukup baik dalam pemberitaan,” pungkasnya. (DAF/Nang). 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M. Efendi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV