SUARA INDONESIA

Banyuwangi Larang Keras Tren Perang Sarung

Muhammad Nurul Yaqin - 15 April 2022 | 21:04 - Dibaca 1.60k kali
Peristiwa Daerah Banyuwangi Larang Keras Tren Perang Sarung
Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nasrun Pasaribu didampingi Kabag Humas Iptu Lita Kurniawan. (Dokumen suaraindonesia.co.id/Muhammad Nurul Yaqin).

BANYUWANGI- Polresta Banyuwangi melarang keras tren perang sarung di kalangan remaja yang akhir-akhir ini meresahkan warga.

Nampaknya, perang sarung di Banyuwangi belakangan ini cukup marak dilakukan oleh kalangan muda yang masih berusia 12-16 tahun.

Setidaknya sudah ada dua tempat yang kedapatan menjadi lokasi perang sarung. Yakni di depan Pendopo Banyuwangi dan sekitar Perum Gading Mas Permai, Kecamatan Kabat.

Ada lima anak usia belia yang diamankan oleh polisi di depan pendopo, sementara di wilayah Kabat ada sekitar 20 ABG yang diamankan oleh warga saat hendak perang sarung.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nasrun Pasaribu melalui Kabag Humas Iptu Lita Kurniawan secara tegas melarang adanya fenomena tersebut.

Menurutnya, perang sarung yang dilakukan oleh remaja itu meresahkan masyarakat dan dapat mengganggu kamtibmas di bulan Ramadan.

Fenomena perang sarung ini biasanya dilakukan anak muda menjelang sahur. Mereka mengikuti tren yang ada, dimana bagian ujung sarung diikat atau dililit, lalu menyerang dengan cara diayunkan.

"Kami telah meningkatkan patroli rutin setiap malam di masing-masing polsek jajaran guna mengantisipasi fenomena perang sarung yang lagi tren ini," kata Iptu Lita, Jumat (15/4/2022).

Lita menyebut, beberapa ABG ada yang pihaknya amankan berkaitan dengan perang sarung tersebut. Mereka diberi pembinaan dan membuat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya lagi.

"Selain pembinaan, kita juga panggil orang tua atau walinya. Jangan sampai hal itu terjadi pada tingkat kriminal yang lebih tinggi lagi," ucap Lita.

Lita mengajak masyarakat agar saling menjaga kamtibmas di Banyuwangi. "Dengan memberikan informasi guna mengantisipasi fenomena tersebut, ataupun melihat aksi kriminal lainnya," imbuh dia.

Khusus kepada anak muda, dia mengimbau agar menghindari fenomena perang sarung tersebut, termasuk aksi merugikan lainnya seperti trek-trekan di jalanan.

"Lebih baik melakukan kegiatan positif dengan meningkatkan ibadah di bulan suci Ramadan ini," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV