SUARA INDONESIA

Pasok Drone ke Rusia, AS Sebut Iran Langgar Resolusi PBB

Yuni Amalia - 20 October 2022 | 06:10 - Dibaca 1.00k kali
Peristiwa Internasional Pasok Drone ke Rusia, AS Sebut Iran Langgar Resolusi PBB
Tangkapan layar drone buatan Iran (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Amerika Serikat mengatakan, bahwa negara Iran telah melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB dengan memasok drone kamikaze ke Rusia.

Drone buatan Iran itu, membuat Ukraina kerepotan dan harus lebih bersiap menghadapi Rusia.

Beberapa hari lalu, sejumlah fasilitas Ukraina luluh lantak akibat dihantam pesawat tidak berawak itu.

Sebelumnya, sekutu-sekutu Prancis dan Inggris kami secara terbuka memberikan penilaian bahwa pasokan drone Iran ke Rusia merupakan pelanggaran Resolusi 2231 Dewan Keamanan PBB.

"Ini adalah sesuatu yang kami sepakati,” kata Deputi Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Vedant Patel kepada wartawan.

Dewan Keamanan mengadopsi resolusi itu pada tahun 2015, mengodifikasi perjanjian internasional yang membatasi program nuklir Iran dengan imbalan keringanan sanksi-sanksi.

“Keyakinan kami bahwa drone yang ditransfer dari Iran ke Rusia dan digunakan oleh Rusia di Ukraina ini termasuk di antara senjata yang akan tetap diembargo di bawah resolusi 2231,” lanjut Patel.

Dalam beberapa pekan ini, Ukraina telah berulang kali melaporkan serangan Rusia terhadap kota-kotanya dengan menggunakan drone Shahed-136 Iran. 

Kendati begitu, Iran membantah memperlengkapi Rusia dengan drone-nya.

Sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan kepada wartawan hari Senin (18/10/2022) bahwa Iran “tidak jujur mengenai hal ini dan membantah menyediakan senjata bagi Rusia untuk digunakan di Ukraina.”

Jean-Pierre mengancam, AS akan menegakkan sanksi-sanksi terhadap perdagangan senjata Rusia dan Iran, dan akan “mempersulit Iran untuk menjual senjata-senjata itu ke Rusia," tegasnya.


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV