SUARA INDONESIA

Ukraina Kembali Rebut Kherson dari Rusia

Yuni Amalia - 15 November 2022 | 05:11 - Dibaca 879 kali
Peristiwa Internasional Ukraina Kembali Rebut Kherson dari Rusia
Warga Ukraina berkumpul di pusat Kota Kherson pada 12 November 2022, untuk merayakan keberhasilan pasukan Ukraina merebut kembali kota tersebut dari genggaman Rusia. (Foto: AP For VOA/Yevhenii Zavhorodnii)

JAKARTA - Pejabat negara Ukraina pada Minggu (13/11/2022) mulai menyalurkan bantuan pangan, air dan obat-obatan ke Kota Kherson yang terletak di bagian selatan negara itu.

 Perkembangan itu terjadi dua hari setelah pasukan Kyiv memasuki ibu kota regional strategis yang pernah direbut Rusia pada awal perang itu. 

Saat ini, Rusia telah meninggalkan wilayah tersebut.

Lebih dari tiga perempat dari 300.000 penduduk Kherson telah meninggalkan kota itu. 

Sekitar 75.000 bertahan di sana dan berada di bawah pendudukan Rusia sebelum pasukan Moskow mundur pekan lalu. Tentara Ukraina telah mulai memasuki wilayah itu.

"Pasukan dan kolaborator Rusia melakukan segala upaya untuk membuat warga yang bertahan di kota ini sangat menderita selama menunggu berhari-hari, berminggu-minggu dan berbulan-bulan," kata seorang penasihat wali kota Kherson, Roman Golovnya, di TV nasional.

Ukraina khawatir, bangunan di wilayah itu mungkin mengalami rusak berat, seperti di kota-kota lain di Ukraina termasuk Mariupol. 

Tapi pejabat Ukraina mendapati banyak bangunan di Kherson pada umumnya masih utuh, meskipun pasokan air di kota tersebut terbatas.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memuji kemenangan pasukan Ukraina di Kherson pada Sabtu (12/11).

Dalam pidato hariannya, Zelenskyy mengatakan bahwa pasukan pertahanan telah merebut kontrol lebih dari 60 permukiman di wilayah Kherson.

Dia berjanji, bahwa pasukan Ukraina akan "membebaskan seluruh wilayahnya dari penjajah."

Kendati begitu, presiden Ukraina itu juga menyerukan kewaspadaan. Sementara masyarakat merayakan kemenangan di Kherson.

"Di wilayah timur di Donetsk, pertempuran brutal terjadi setiap hari. "Di sana seperti neraka," ungkapnya.

Ketika pasukan Rusia mundur dari Kherson, menurut Zelenskyy, mereka menghancurkan infrastruktur penting di sana, termasuk infrastruktur komunikasi, pasokan air, dan pembangkit yang menyalurkan pemanas dan listrik. 

Pihaknya memperingatkan penduduk Kherson bahwa para tentara Rusia yang mundur telah menanam ranjau di wilayah itu. [VOA/vm/lt]


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV