SUARA INDONESIA

Tentara Bayaran Rusia Klaim Kuasai Kota Solider

Yuni Amalia - 12 January 2023 | 06:01 - Dibaca 945 kali
Peristiwa Internasional Tentara Bayaran Rusia Klaim Kuasai Kota Solider
Asap mengepul di Soledar, lokasi pertempuran sengit antara pasukan Ukraina dan Rusia di wilayah Donetsk, Ukraina, Minggu, 8 Januari 2023. (Foto: AP/Roman Chop/VOA Jejaring Suaraindonesia.co.id)

JAKARTA – Pasukan militer Rusia dan Ukraina mengatakan ada pertempuran hebat hari Rabu di Soledar. Ini membantah pernyataan kelompok tentara bayaran Rusia Wagner Group yang mengklaim telah merebut kota di Ukraina Timur itu.

Beberapa jam setelah klaim Wagner Group itu, militer Rusia mengatakan pertempuran masih berlangsung dengan unit-unit pesawat udara Rusia mengepung bagian utara dan selatan kota tersebut.

Seorang juru bicara komando militer timur Ukraina mengatakan kepada TV Ukraina bahwa situasi di Soledar “rumit.”

Daerah ini adalah salah satu area pertempuran paling aktif dalam konflik, sehingga sulit untuk melakukan penilaian independen mengenai situasi di sana.

Kementerian pertahanan Inggris Selasa mengatakan bahwa pasukan Wagner dan Rusia mungkin menguasai sebagian besar Soledar, yang terletak di dekat Bakhmut, salah satu target utama Rusia dalam tahap invasinya sekarang ini.

Sekjen NATO Jens Stoltenberg mengadakan dalam keterangan pers hari Rabu bahwa pertahanan Ukraina di kawasan Bakhmut “kembali memperlihatkan keberanian pasukan Ukraina sewaktu mereka bertempur untuk membela tanah air mereka,” dan betapa pentingnya meningkatkan dukungan militer untuk Ukraina.

“Dukungan kita membuat perbedaan nyata di lapangan dan pada titik penting dalam perang ini, kita harus berbuat lebih banyak, lebih cepat,” kata Stoltenberg. (VOA)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV