SUARA INDONESIA

Siap Hadapi Rusia, Ukraina Berlatih Perang di Perbatasan Belarusia

Yuni Amalia - 13 January 2023 | 06:01 - Dibaca 968 kali
Peristiwa Internasional Siap Hadapi Rusia, Ukraina Berlatih Perang di Perbatasan Belarusia
Prajurit Ukraina menembakkan mortir 120mm ke posisi Rusia di garis depan dekat Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina, Rabu, 11 Januari 2023. (AP/VOA/Jejaring Suaraindonesia.co.id))


JAKARTA - Deru kendaraan lapis baja dan suara tembakan bergema di sekitar kota-kota di barat Ukraina yang sepi, di dekat wilayah perbatasan Belarusia pada Rabu (11/1/2022) ketika pasukan Ukraina berlatih untuk menghadapi ancaman serangan baru melintasi front baru di utara.

Ukraina khawatir Rusia akan mengerahkan pasukan ke wilayah sekutunya, Belarusia, sebelum menyerang ke barat laut atau bahkan mencoba langsung menyerang Kyiv seperti dilakukan pada awal invasi Februari lalu.

Mereka membuka kembali front utara, Rusia akan melemahkan kekuatan pasukan Ukraina, yang selama berbulan-bulan berfokus pada pertempuran di timur dan selatan. Perhatian dan kekuatan pasukan Ukraina akan terpaksa terpecah ke utara.

Mengantisipasi kemungkinan serangan, pasukan Ukraina, padaRabu, berlatih perang kota, menembakkan senapan serbu, mengendarai kendaraan lapis baja dan membebaskan sandera. 

Dalam latihan lain di pedesaan yang tertutup salju, pasukan berlatih menyergap dan menghancurkan kelompok pengintai, fitur serangan pertama Rusia dari Belarusia yang ditinggalkan Rusia awal April lalu.

Meskipun membawa tekanan sangat besar pada Kota Soledar di Ukraina timur dalam beberapa hari ini, pasukan Rusia selama berbulan-bulan tampak ‘lemah’ di medan perang. Serangan tiba-tiba dari Belarusia akan menandai perubahan dinamika yang mencengangkan. [ka/lt]

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV