SUARA INDONESIA

Berubah Keputusan, Amerika Siap Kirim Tank Tempur Canggih ke Ukraina

Yuni Amalia - 26 January 2023 | 06:01 - Dibaca 2.08k kali
Peristiwa Internasional Berubah Keputusan, Amerika Siap Kirim Tank Tempur Canggih ke Ukraina
Tank tempur canggih Amerika Serikat (Foto: Istimewa)

PENTAGON, AS- Negara Amerika Serikat (AS) tampaknya berubah fikiran dan siap menyetujui pengiriman tank-tank tempur sangat canggih ke Ukraina dalam perangnya melawan invasi Rusia selama hampir satu tahun ini.

Presiden Joe Biden mungkin mengumumkan keputusannya sedini hari Rabu (25/01/2023) sebagaimana termuat di media-media resmi di Amererika Serikat. 

Salah satu keputusannya adalah, untuk mengirimkan tank M1 Abrams ke Ukraina, sebagai bagian dari kesepahaman diplomatik dengan Jerman terkait penyediaan beberapa tanknya, pertama kali dilaporkan oleh The Wall Street Journal.

Para pejabat AS dikutip dalam laporan itu mengatakan bahwa AS sedang mempertimbangkan pengiriman sedikit di atas 30 tank canggih ke medan tempur Ukraina.

Salah seorang pejabat AS yang mengetahui pertimbangan itu mengatakan kepada VOA/Jejaring Suaraindonesia.co.id pada Selasa (24/1/2023) bahwa Gedung Putih sedang berupaya untuk menuntaskan rencana membuat Ukraina mendapatkan tank yang diinginkannya.

Kendati begitu, perlu beberapa waktu sebelum Kyiv dapat menerima kiriman tank dan menerjunkannya ke medan tempur.

Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim karena sensitifnya rencana tersebut, mengatakan, tank-tank itu kemungkinan besar akan disediakan melalui Prakarsa Bantuan Keamanan Ukraina (USAI) Pentagon. 

Dalam kebijakan itu, Departemen Pertahanan membeli senjata dan sistem persenjataan baik dari produsen peralatan pertahanan maupun sumber-sumber lain, bukannya mengambil langsung dari cadangan AS.

Dalam kasus ini, pejabat itu mengatakan AS mungkin berupaya membeli tank M1 Abrams dari negara-negara lain dan memperbaruinya, sebelum mengirimkannya ke Ukraina.

Kabar mengenai pertimbangan AS itu disambut marah oleh Rusia. Reuters melaporkan bahwa Anatoly Antonov, utusan Rusia untuk AS, mengatakan dalam pesan di aplikasi Telegram kedutaan Rusia bahwa kemungkinan pengiriman tank oleh AS ke Ukraina akan menjadi “provokasi terang-terangan lainnya terhadap Rusia.”

“Jelas bahwa Washington sengaja berupaya menimbulkan kekalahan strategis pada kami,” kata Antonov. (VOA)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV