SUARA INDONESIA

Antisipasi Kebakaran, Pendakian Gunung Raung dan Rante Ditutup Hingga Batas Waktu yang Belum Ditentukan

Muhammad Nurul Yaqin - 21 September 2023 | 14:09 - Dibaca 1.37k kali
Peristiwa Antisipasi Kebakaran, Pendakian Gunung Raung dan Rante Ditutup Hingga Batas Waktu yang Belum Ditentukan
Gunung Raung tampak dari jauh. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/Dok. Suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Puncak musim kemarau, jalur pendakian Gunung Raung dan Gunung Rante di Banyuwangi, Jawa Timur, sementara ini ditutup.

Pengumuman tersebut disampaikan Administratur Perhutani KPH Banyuwangi Barat, Dedy Siswandhi. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi risiko kebakaran hutan.

"Ini salah satu antisipasi dari Perhutani, yaitu dengan melarang pembukaan pendakian gunung," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (21/9/2023).

Jalur pendakian ditutup mengingat beberapa gunung mengalami kebakaran dalam beberapa waktu terakhir. Para pendaki diminta bersabar terlebih dahulu hingga pendakian kembali dibuka.

Penutupan jalur pendakian dituangkan dalam surat instruksi bernomor 0450/058.4/BWB/2023. Penutupan jalur akan dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Berlaku penutupan memang belum ditentukan sampai kapan. Tapi paling tidak, kalau sudah musim hujan akan lebih aman," cetus Dedy.

Perhutani, telah berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan wisata naik gunung. Misalnya, dengan paguyuban pendakian Gunung Raung di Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi.

"Kalau di Gunung Rante, jalur pendakiannya satu, kami juga telah sampaikan kepada pengelola di sana," sambungnya.

Jika terjadi kebakaran hutan di Gunung Raung dan Rante, kata Dedy, cukup berisiko karena wilayah tersebut dalam kondisi kering saat musim kemarau.

"Sehingga rawan kebakaran hutan. (Kami juga) melihat banyaknya laporan kebakaran hutan di wilayah KPH lain," tutur dia.

Perhutani juga meminta pihak pengelola untuk melapor apabila terjadi pendakian gunung tidak berizin atau ilegal selama pemberlakuan penutupan jalur.

"Laporan bakal digunakan sebagai tindak lanjut upaya penanganan. Soal lama waktu penutupan jalur pendakian, kami akan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Yuni Amalia

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV