SUARA INDONESIA

Gempa Magnitudo 5.2 Guncang Malang, BMKG Imbau Warga Tetap Tenang

Aditya Mahatva Yodha - 02 December 2023 | 13:12 - Dibaca 729 kali
Peristiwa Gempa Magnitudo 5.2 Guncang Malang, BMKG Imbau Warga Tetap Tenang
Gempa bumi M 5.2 di Malang, Sabtu (2/12/2023). (Foto: Dokumentasi BMKG)

SUARA INDONESIA , MALANG - Wilayah Kabupaten Malang dan sekitarnya diguncang gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,2 Sabtu (2/12/2023), pukul 12.37 WIB.

Berdasarkan rilis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diterima Suaraindonesia.co.id, episenter gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 9.38° LS; 112.65° BT, tepatnya di laut pada jarak 138 kilometer arah tenggara Kabupaten Malang dengan kedalaman 10 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas pada zona subduksi,” kata Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Karangkates, Ma'muri kepada Suaraindonesia.co.id.

Adapun, guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di daerah Malang kategori II MMI atau getaran hanya dirasakan sedikit orang yang ditandai dengan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” kata Ma'muri.

Ma'muri mengimbau, warga tetap tenang dan waspada, dan tidak mudah terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

"Karena kita tinggal di wilayah rawan gempa yang sewaktu- waktu bisa terjadi. Hal ini karena memang gempa bumi belum bisa diprediksi kapan terjadinya," pungkas Ma'muri. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aditya Mahatva Yodha
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV