SUARA INDONESIA

Sehari Bupati Situbondo Resmikan Empat Jembatan Sekaligus

Syamsuri - 12 January 2024 | 13:01 - Dibaca 1.16k kali
Peristiwa Sehari Bupati Situbondo Resmikan Empat Jembatan Sekaligus
Bupati Situbondo, H.Karna Suswandi didampingi Istri Tercintanya Hj.Jumaati saat meninjau jembatan Ardiwilis di Desa Sumberkolak Kecamatan Panarukan Situbondo. ( Foto : Syamsuri/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Dalam sehari Bupati Situbondo, Karna Suswandi meresmikan empat jembatan sekaligus. Jum'at (12/01/2024).

Empat  jembatan tersebut meliputi, jembatan Ardiwilis Desa Sumberkolak Kecamatan Panarukan, jembatan Wonerejo Kecamatan Banyuputih, Jembatan Selomukti Kecamatan Mlandingan dan Jembatan Wijaya Kusuma Kecamatan Situbondo.

Kegiatan yang ditempatkan di dusun ardiwilis Kecamatan Panarukan tepatnya di pinggir sungai dan persawahan ini ditandai dengan penandatanganan empat plakat keramik jembatan yang sudah disediakan oleh PUPP selaku leading sektor.

Pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini mengatakan, sumber anggaran pembangunan keempat jembatan tersebut berasal dari APBD Pemerintah Kabupaten Situbondo tahun anggaran 2023. Dengan begitu, proses pembangunan itu bisa cepat dikerjakan.

"Awalnya jembatan Ardiwilis Desa Sumberkolak ini pada tahun 2022 hanya dianggarkan 200 juta saja, namun dari anggaran tersebut tidak cukup untuk b8sa dilebarkan, akhirnya tahun 2023 kita berinisiatif untuk dianggarkan lagi sebesar Rp.1,3  miliar lebih dikit, dan alhamdulillah hari ini sudah bisa kita lihat hasilnya, masyarakat yang melewati jembatan ardiwilis sudah tidak lagi harus menunggu kendaraan lewat dari jembatan, dan ketika berpapasan sudah tidak ada yang menyantol dan jatuh lagi,"bebernya.

Dengan selesainya pembangunan keempat jembatan tersebut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini optimis, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Selain itu, akses jalan juga akan lebih lancar. Kami meyakini pendapatan warga yang ada disekitar desa empat jembatan tersebut dapat meningkat," imbuhnya

Kata Bung Karna, sebenarnya maunya kita  jembatan yang sudah selesai ini tidak usah diresmikan biar langsung dinikmati oleh masyarakat, namun karena masyarakat  banyak yag berkeinginan untuk diresmikan.  walaupun saya kondisi tidak begitu sehat tetapi  tetap bisa hadir ditengah tengah masyarakat  sekaligus juga melihat hasil pembangunan jembatan yang ada di Dusun Ardiwilis Sumberkolak ini.

"Jembatan ardiwilis ini diperkirakan bisa dilintasi oleh empat ribu jiwa dari dusun randu dan langai dan ini belum termasuk masyarakat Desa Paowan yang juga ikut menikmati hasil dari pembangunan jembatan dan jembatan ardiwilis ini sungguh sangat layak untuk dilebarkan.

"Setelah diperbaiki jembatan ardiwilis ini  kondisinya sudah bagus dan tadi setelah saya lihat abutmentnya sangat kokoh. Oleh karena itu tinggal masyarakat untuk bisa memanfaatkan dan memelihara jembatan ini dengan sebaik baiknya,"harapnya.

Karena bagaimanapun, jelas Pria yang selalu menyapa dan turun ke masyarakat, pembangunan proyek jembatan ini dari awal memang menjadi kontroversi, karena tidak menggunakan redimik, memang di perencanaannya bukan menggunakan redimik tapi pakai manual, kenapa, karena jalannya disini, ini memang sulit, untuk belok saja tak bisa dan itu sudah dihitung dengan baik, jadi kalau ada yang berbicara tentang redimik lihat dulu RAB nya.

Sementara itu, salah satu Gaus salah satu perwakilan warga Desa Sumberkolak Kecamatan Panarukan, menyampaikan banyak terima kasih kepada Bupati Situbondo yang mana telah membuktikan dan mewujudkan apa yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat Situbondo khususnya masyarakat  ardiwilis, langai dan dusun randu serta Desa Paowan yang mau melintas dari selatan mau ke utara dan juga dari utara mau ke selatan ini sudah lancar dan tidak ada masyarakat yabg jatuh lagi.

"Masyarakat Situbondo khususnya Sumberkolak sungguh sangat bersyukur dengan adanya perbaikan jembatan yang dikerjakan oleh PUPP. Kami selaku perwakilan masyarakat Sumberkolak sangat berterima kasih karena dengan lebarnya jembatan, ini sangat memudahkan bagi warga yang mau mengantar anaknya kesekolah dan berbelanja ke pasar,"ujarnya.

Kata Gaus, masyarakat yang melintas sudah enak dan sudah tidak ada lagi yang mengalami kecelakaan karena jembatannya sudah lebar, oleh karena itu Gaus berpesan agar masyarakat bisa mendukung Bung Karna jadi kembali menjadi Bupati Situbondo di Pilkada tahun 2024.

"Sebab,  kita lihat dari perjalannya ketika menjabat, janji janji politiknya sudah ditepati dan saat ini sudah dinikmati oleh masyarakat Situbondo,"ujarnya

Selanutnya, Gaus langsung semangat dan  memberikan komando dengan meneriakkan  lanjutkan lagi Bung Karna dengan kompak masyarakat yang hadir langsung  menyatakan lanjutkan lanjutkan, supaya ada program program berikutnya.

"Pihaknya selaku perwakilan dari warga Sumberkolak juga menyampaikan terima kepada Bung Karna selaku Bupati Situbondo atas bantuan bantuan lain yang sudah diberikan kepada masyarakat disini, karena msyarakat sumberkolak sudah sangat merasa terbantu terutama dengan perluasan jembatan Ardiwilis ini,"bebernya.

Menurut Gaus, karena sebelum jembatan itu diperbaiki, jangankan kita berpapasan dengan mobil, dengan becak saja itu sulit, bisa bisa tersenggol dan masyarakat yang melintas jembatan tersebut banyak yang jatuh.

"Alhamdulillah hari ini dengan diresmikannya jembatan ardiwilis oleh Bupati Situbondo, masyarakat yang melintas di jembatan tersebut walaupun berpapasan antar kendaraan sudah lancar dan tidak macet lagi,"tutupnya. ( Syam)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV