SUARA INDONESIA

Jamin Keamanan, TNI Polri Kawal Ketat 567 Karton Surat Suara Menuju Puncak Jaya

Otinus Erwin Y - 26 January 2024 | 19:01 - Dibaca 563 kali
Peristiwa Jamin Keamanan, TNI Polri Kawal Ketat 567 Karton Surat Suara Menuju Puncak Jaya
TNI Polri saat mendistribusikan Surat suara menuju dari kabupaten Jayawijaya menuju kabupaten Puncak Jaya. 

SUARA INDONESIA, PUNCAK JAYA- Pendistribusian lima ratus enam puluh tujuh (567) karton surat suara pemiluh 2024 dari kabupaten Jayawijaya menuju kabupaten Puncak Jaya dikawal ketat TNI Polri dalam rangka menjamin keamanan. 

Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa mengatakan, untuk menjamin keamanan Logistik Pemilu Tahun 2024 berupa Surat Suara untuk pemilihan anggota Legeslatif Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) baik tingkat II maupun tingkat I, TNI-Polri melakukan pengawalan pendistribusian Surat Suara tersebut dari Wamena menuju Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua Tengah, Jumat (26/1/2024).

"Logistik Pemilu sebelumnya diamankan di Polres Jayawijaya di Wamena akan digeser oleh KPU Provinsi Papua Tengah menuju Kabupaten Puncak Jaya, pergeseran tersebut melalui Bandar Udara Wamena dilakukan dengan pengawalan dari personel Kodim 1702/Jayawijaya dan Polres Jayawijaya, " ucap kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa. 

Katanya, mengingat jumlah Surat Suara DPR-RI dan DPRD yang akan digeser cukup besar sejumlah 567 Karton dengan total 10.773 Kg, maka pergeseran logistik pemilu dilakukan secara bertahap dengan Penerbangan sebanyak 9 Flight yaitu, 3 Fligh pesawat Smart-Air, 2 Fligh Cendrawasih, 1 Fligh Alda dan 3 Fligh Sam Air. Bila terjadi keadaan darurat maka Aparat TNI POLRI sudah menyiagakan alutsista berupa Transportasi militer udara untuk mendukung kelancaran distribusi logistik pemilu sampai ke tujuan.

Lanjut  Kapen Kogabwilhan III, keterlibatan alutsista transfortasi udara TNI sangat penting bila terjadi trouble dalam pendistribusian Surat Suara tersebut dalam rangka turut membantu suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi yang ada di Papua khususnya Papua Tengah.

“Kita TNI beserta Polri berkewajiban menjamin stabilitas keamanan di wilayah Papua ini, Distribusi surat suara harus sampai pada tujuan dengan aman, sehingga pelaksanaan pesta demokrasi dapat berjalan lancar, penuh kegembiraan,” ujarnya. 

Kapen menuturkan, setelah Logistik Pemilu tersebut sampai di Bandara Mulia Puncak Jaya, TNI-Polri setempat beserta KPU akan terus mengawal sampai tujuan penyimpanan dan pengamanan Surat Suara sebelum pelaksanaan pemilu tanggal 14 Februari 2024. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Otinus Erwin Y
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV