SUARA INDONESIA

Survei Cagub Jatim, Eri Cahyadi Ancam Elektabilitas Risma

Lukman Hadi - 22 June 2022 | 17:06 - Dibaca 2.00k kali
Politik Survei Cagub Jatim, Eri Cahyadi Ancam Elektabilitas Risma
Hasil survei elektabilitas Calon Gubernur Jatim versi Poltracking.

SURABAYA - Meski kontestasi Pilgub Jatim dilaksanakan 2024 mendatang, namun sudah muncul nama-nama figur yang dirasa layak dan berpotensi besar untuk maju sebagai Calon Gubernur Jatim.

Terbaru, Poltracking merilis survei dan menghasilkan nama-nama seperti, Khofifah Indar Parawansa, Tri Rismaharini, Eri Cahyadi, Emil Elestianto Dardak, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, serta Abdul Halim Iskandar, serta banyak tokoh lainnya.

Dari hasil survei itu memunculkan 3 (tiga) nama tokoh yang bertengger diurutan tertinggi. Urutan pertama ditempati Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Kemudian disusul Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini dan posisi ketiga tercantum nama Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

"Untuk Bu Khofifah elektabilitasnya 39,8 persen. Lalu Bu Risma 19,5 persen, Mas Eri Cahyadi 9,6 persen, Mas Emil 9,2 persen, Gus Ipul atau Saifullah Yusuf 5,8 persen, Abdul Halim Iskandar 1,1 persen. Kemudian ada nama-nama tokoh di Jawa Timur lainnya di bawah 1 persen," kata Direktur Riset Poltracking Indonesia, Arya Budi, Rabu (22/6/2022)

Sementara untuk Calon Wakil Gubernur Jatim, nama Emil Elestianto Dardak bertengger di posisi nomor dua perolehan 28,0 persen. Di posisi nomor dua ada nama Eri Cahyadi yang memperoleh 13,2 persen. Eri mengalahkan beberapa tokoh hingga ketua partai di Jatim seperti Ketua Golkar Jatim, Sarmuji yang hanya memperoleh 3,4 persen.

Arya Budi mengklaim jika survei yang dilakukan sangat akurat dan melibatkan 1.000 responden warga Jatim dengan usia 17 tahun ke atas.

Survei Poltracking dilakukan mulai 16-22 Mei 2022. Metode yang digunakan ialah wawancara tatap muka. Metode sampel gunakan multistage random sampling. 

"Margin of error kurang lebih 3,2 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen," ujarnya.

Dengan hasil survei Poltracking ini, tentunya nama Eri Cahyadi menjadi sorotan karena bisa mengancam elektabilitas Risma di Jatim.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV