SUARA INDONESIA

Panitia Pilkades Selomukti Situbondo Lakukan Verifikasi Administrasi Secara Terbuka dan Transparan

Syamsuri - 30 August 2022 | 07:08 - Dibaca 3.20k kali
Politik Panitia Pilkades Selomukti Situbondo Lakukan Verifikasi Administrasi Secara Terbuka dan Transparan
Panitia Pilkades Selomukti saat melakukan Verifikasi Keabsahan dan Kelengkapan berkas terhadap Tujuh orang Calon Kades di Pendopo Balai Desa Selomukti Kecamatan Mlandingan (Foto : Syamsuri/Suaraindonesia)


SITUBONDO - Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Selomukti, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo melakukan verifikasi administrasi kepada Tujuh orang Calon Kepala Desa (Kades).

Pelaksanaan verifikasi administrasi dilakukan secara terbuka dan transparan di Balai Desa Selomukti.

Panitia Pilkades juga melibatkan seluruh unsur BPD Selomukti dan Muspika Kecamatan Mlandingan.

Setelah selesai pelaksanaan penelitian berkas, maka para calon Kades itu selanjutnya akan mengikuti seleksi ujian tulis.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Edi Mustafa Ketua Panitia Pilkades Selomukti pada Suaraindonesia.co.id, Minggu (28/08/2022).

Edi Mustafa mengatakan, sejak tanggal 1 Agustus sampai dengan 11 Agustus 2022 panitia Pilkades telah membuka pendaftaran calon Kades Selomukti.

" Sampai pada akhir penutupan, ada Tujuh orang calon yang mendaftar untuk mencalonkan diri sebagai calon Kades," kata Edi Mustafa.

selanjutnya, lanjut Edi, para calon Kades melengkapi persyaratan administrasi yang telah ditentukan.

Dari kelengkapan administrasi tersebut, pada hari Sabtu malam minggu (28/8/2022) panitia melakukan verifikasi semua berkas bakal calon.

Yang menarik dari verifikasi ini kata Edi, biasanya cuma dilakukan oleh intern panitia, tetapi di Desa Selomukti ini berbeda dengan Pilkades lainnya, sebab dilaksanakan secara terbuka.

" Saat panitia melakukannya verifikasi administrasi semua bakal calon, unsur dari semua BPD selaku pengawas pelaksanaan Pilkades dan Muspika ikut diundang untuk mengawasi jalannya verifikasi yang dilakukan oleh panitia Pilkades Desa Selomukti," imbuhnya.

Menurut Edi, tujuannya verifikasi ini dilakukan secara transparan dan terbuka, agar tidak ada yang ditutup tutupi.

Katanya, dari Tujuh berkas calon Kades Silomukti ketika diperiksa oleh panitia semuanya dinyatakan lengkap sesuai aturan yang ada.

"Setelah berkas 7 (tujuh) balon kades dinyatakan lengkap semua, Panitia langsung menyerahkan berkas tersebut kepada panitia Pilkades Kabupaten Situbondo sebagai laporan," uangnya.

Adapun nama nama dari 7 Calon Kades Selomukti Kecamatan Mlandingan yakni :

1. Syaiful Rahman 2. Iswahyudi 3. Endang Rukmiasih 4. Abul Hasan

5. Darmawi 6.Taufik Arifin, dan 7. Dodit Hariyanto, pungkas Edi Mustafa.


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV