SUARA INDONESIA

Ketua Golkar Banyuwangi Tegaskan Pendaftaran Bacaleg Tanpa Mahar

Muhammad Nurul Yaqin - 16 October 2022 | 12:10 - Dibaca 1.39k kali
Politik Ketua Golkar Banyuwangi Tegaskan Pendaftaran Bacaleg Tanpa Mahar
Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi Ruliyono. (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI- DPD Partai Golkar Banyuwangi telah membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) tahun 2024. Tidak ada mahar untuk mereka yang ingin mencaleg melalui partai besutan Airlangga Hartarto itu.

Hal itu ditegaskan Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi Ruliyono kepada wartawan di kantornya, Minggu (16/10/2022). "Golkar mengundang siapa saja yang ingin menjadi bacaleg 2024. Pendaftaran dilakukan tanpa mahar alias gratis," cetusnya.

Ruli menyebut, Partai Golkar sengaja mengumumkan secara terbuka pendaftaran bakal calon legislatif untuk menjaring kader internal maupun tokoh masyarakat yang potensial meraih suara terbanyak.

"Sejauh ini sudah ada 70 persen bacaleg yang mendaftar lewat Golkar, kebanyakan masih laki-laki. Jika ada warga perempuan yang mau mencalon lewat Golkar, kita kasih 'karpet merah'," beber Wakil Ketua DPRD Banyuwangi ini.

Mereka yang sudah mendaftar lewat Golkar, lanjut Ruli, akan dilakukan penjaringan secara profesional oleh tim yang telah dibentuk.

"Nanti ada tim penjaringan, insyaallah selektif, sesuai apa yang diatur oleh KPU syarat-syaratnya, calon itu juga harus mematuhi aturan yang ada di internal partai. Selanjutnya berpotensi menjadi anggota legislatif," ungkapnya.

Partai Golkar, kata Ruli, berkomitmen akan terus memperjuangkan kepentingan kader dan konstituen. Utamanya mengantarkan pemimpin-pemimpin yang potensial di kontestasi Pemilu 2024.

Ruli juga menjelaskan, Pileg 2024 Golkar membidik 8 kursi di DPRD Banyuwangi. "Saat ini kita memiliki lima kursi di legislatif. Targetnya, pada 2024 bisa mendapat 8 kursi," sebutnya.

Guna mencapai target tersebut, Golkar Banyuwangi telah menyiapkan strategi jitu dengan membidik penambahan masing-masing satu kursi setidaknya di tiga dapil yang memiliki potensi lebih tinggi.

"Pileg 2019 kemarin kan masih satu kursi satu dapil. Jadi Pileg 2024 kita target minimal dua kursi di dapil 5, dua kursi di dapil 1 dan dua kursi di dapil 4. Karena kami melihat potensi besar di tiga dapil tersebut," paparnya.

Sebelum mengakhiri keterangannya, Ruli menyebut, Golkar berencana akan memunculkan sendiri untuk calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi di Pemilu 2024.

"Tidak tahu siapa nanti yang maju, bukan karena saya sebagai Ketua Partai harus saya, tidak juga. Tetapi kalau masyarakat menghendaki, siapa saja," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV