SUARA INDONESIA

Pemerhati RT Situbondo : Insentif RT Dijadikan Momen Politik Untuk Mendulang Suara Pada Pemilu 2024

Syamsuri - 24 February 2023 | 20:02 - Dibaca 1.75k kali
Politik  Pemerhati RT Situbondo : Insentif RT Dijadikan Momen Politik Untuk Mendulang Suara Pada Pemilu 2024
Salah Seorang Pemerhati RT di Situbondo, Sutomo (Foto : Syamsuri/suaraindonesia.co.id)

SITUBONDO - Memasuki tahun politik, semua partai politik (Parpol) yang ada di Situbondo sudah mulai melakukan strategi untuk mendongkrak suara masyarakat pada pemilu 2024 yang akan datang.

Salah satunya yaitu isu tentang Insentif RT yang akan diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo sebesar Rp. 500 ribu per tahun. 

Hal tersebut disampaikan oleh pemerhati RT wilayah barat, Sutomo melalui whatsapp, Jum'at (24/2/2023) malam. 

Warga Besuki yang sekaligus pemerhati RT wilayah barat, Sutomo menjelaskan, melihat hiruk pikuk perkembangan Pemerintah Kabupaten Situbondo atas lontaran adanya insentif RT sebesar Rp 500 ribu yang akan diberikan pada Hari Raya Idhul Fitri tahun 2023 yang disampaikan Bupati H. Karna Suswandi setiap melakukan kunjungan kerja ke masing-masing Kecamatan. 

"Momen ini tentu menjadi kado politik bagi PPP dan koalisinya untuk mendulang suara pada pemilu di tahun 2024. Bahkan program ini disambut positif oleh Politisi PPP, H. Abdurrahman yang berencana akan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Jawa Timur pada pemilu 2024 yang akan datang," katanya. 

Statemen Wakil Ketua DPRD Situbondo, H. Abdurrahman yang memastikan bahwa di tahun 2023 ini semua RT akan mendapatkan insentif sebesar Rp 500 ribu, sebab Program yang dilakukan oleh Bupati Karna Suswandi, ini tidak pernah dilakukan oleh Bupati Bupati sebelumnya. 

"Bahkan apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo terkait pemberian insentif kepada Ketua RT mendapatkan dukungan dari masyarakat dan Komisi I DPRD serta Sekretaris Fraksi PKB, bahwa semuanya mendorong agar insentif RT sebesar Rp 500 ribu itu tidak hanya diberikan satu tahun sekali saja, tetapi dianggarkan setiap bulan," terangnya. 

Lebih lanjut, Sutomo mengungkapkan, dari Insentif RT yang akan diberikan oleh Pemkab Situbondo ini, tentu harapannya RT lebih baik dalam melayani masyarakat. Perhatian ini akan mendapat simpati dan dukungan dari semua RT se-Kabupaten Situbondo untuk bisa mendongkrak suara di Pemilu 2024 yang akan datang, lebih-lebih para partai pengusung dan pendukung Bupati Situbondo, H. Karna Suswandi. 

"Ide orsinil dari Bung Karna selaku Bupati Situbondo yang telah menganggarkan insentif untuk 3.345 Ketua RT sebesar Rp 500 ribu per tahun dengan besar anggaran Rp 1.672.500.000,00 menjadi kabar gembira bagi seluruh Ketua RT se-Kabupaten Situbondo," terangnya. 

Meskipun sejak tahun 2018 hingga tahun ini, ada tunjangan operasional bagi RT sebesar Rp 1.200.000 per tahun yang melekat di Anggaran Dana Desa (ADD) di masing-masing desa, harapannya adalah ada anggaran yang berbasic RT. 

"Jadi RT bisa merencanakan penggunaannya seperti yang terjadi di Pemkot Kediri," ujarnya. 

Lebih-lebih, kata dia, yang di harapkan oleh semua RT adalah untuk mendapatkan honor bulanan dan di ikutkan dalam program BPJS ketenagakerjaan sebagai protek ketua RT dalam menjalankan tugasnya. 

"Kalau ini benar-benar terealisasi, maka Bung Karna selalu Bupati Situbondo dan PPP sebagai partai pengusung dan Partai koalisinya akan menjadi catatan sejarah sebagai pejuang kesejahteraan RT," pungkas Sutomo.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV