SUARA INDONESIA

Pemkab Situbondo Tetapkan Anggaran Pilkada KPU Sebesar Rp 36 Miliar

Syamsuri - 30 May 2023 | 02:05 - Dibaca 925 kali
Politik Pemkab Situbondo Tetapkan Anggaran Pilkada KPU Sebesar Rp 36 Miliar
Ketua KPU, Marwoto (kiri) Saat Menunjukan Dokumen Persetujuan Anggaran Pilkada 2024 di Ruang IR Kantor Pemkab Situbondo (Foto : Istimewa)

SITUBONDO, Suaraindonesia.co.id - Pemerintah Kabupaten Situbondo akhirnya menetapkan anggaran untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Situbondo sebesar Rp 36 Miliar.

Jumlah tersebut lebih kecil dari biaya yang diusulkan awal oleh KPU Situbondo yaitu Rp 42 miliar. 

Ketua KPU Situbondo, Marwoto mengatakan, dengan ditetapkannya biaya Pilkada oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo, menjadi angin segar bagi KPU untuk bisa lebih fokus dalam mensukseskan pesta demokrasi di tahun 2024 yang akan datang. 

“Kebutuhan anggaran ini penting bagi penyelenggara Pemilu di tahun 2024. Maka dengan ditetapkannya nominal dana hibah dari Pemkab hari ini, tentu menjadi angin segar buat kita agar lebih fokus melakukan persiapan,” ujarnya kepada wartawan, Senin (29/05/2023). 

Marwoto menyebut, dalam pelaksanaan Pilkada di 2024 yang akan datang, KPU Situbondo memiliki 28 kegiatan. Salah satunya kegiatan mengenai proses perencanaan terkait kebutuhan biaya Pilkada yang akan diselenggarakan pada akhir tahun ini. 

“Awalnya kita mengusulkan anggaran sebesar Rp 42 Miliar. Hal itu berdasarkan pada rencana kegiatan yang ada di KPU. Yaitu totalnya sebanyak 28 kegiatan, salah satunya akan mulai dilaksanakan pada akhir tahun 2023 ini,” terangnya. 

Selain itu, Marwoto menjelaskan, bahwa untuk mensukseskan terselenggaranya Pilkada serentak di tahun 2024 mendatang, untuk ketersediaan anggaran tidak harus dibebankan pada daerah seluruhnya, namun pihaknya juga akan memaksimalkan dana sharing dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. 

“Kita nanti masih akan mendapat dana sharing dari Pemprov Jatim. Dari situ nanti kita akan pilah, kebutuhan apa saja yang akan menjadi beban daerah dan keperluan apa yang nantinya menjadi beban Pemprov Jatim,” bebernya. 

Marwoto menambahkan, untuk kebutuhan biaya Pilkada sudah cukup. Sehingga kedepan, pihaknya akan lebih fokus bekerja. 

“Kita memulai semua tahapan Pilkada akan dilaksanakan pada bulan November. Kemudian untuk pendaftaran Calon Bupati dijadwalkan pada bulan Juni 2024 mendatang,” tandasnya. 

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Situbondo, Sopan Efendi hingga saat ini belum dapat dikonfirmasi. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV