SUARA INDONESIA

Fraksi PSI Surabaya Soroti Pelayanan Ambulans di Puskesmas

Lukman Hadi - 09 December 2023 | 13:12 - Dibaca 988 kali
Politik Fraksi PSI Surabaya Soroti Pelayanan Ambulans di Puskesmas
Ketua Fraksi PSI DPRD Surabaya, Tjutjuk Supariono. (Foto: Lukman/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SURABAYA - Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD Surabaya melihat pelayanan di puskesmas perlu ditingkatkan. Terutama soal fasilitas ambulans.

Ketua Fraksi PSI, Tjutjuk Supariono mengatakan, pemanfaatan ambulans belum sepenuhnya dirasakan. Masyarakat kesulitan mendapat layanan di luar jam kerja.

"Di luar jam kerja warga sangat kesusahan untuk mendapatkan ambulans. Mereka telepon 11 atau Call Center juga sulit," kata Tjutjuk kepada media, Sabtu (09/11/2023).

Iya menyadari tenaga medis di setiap puskesmas berbeda. Tapi, sambungnya, tidak ada salahnya diterapkan Key Performance Indicator (KPI).

Menurut Anggota Komisi D DPRD Surabaya ini, dengan diterapkan KPI maka bisa terpantau puskesmas mana yang memenuhi standar atau tidak.

"Ini sangat penting. Kalau masyarakat memang sudah mendapatkan pelayanan Universal Health Coverage (UHC), tapi alangkah baiknya Pemkot Surabaya juga menyediakan ambulans 24 jam. Karena di beberapa puskesmas itu mengalami kendala," terangnya.

Dari hal tersebut, Tjutjuk meminta Pemkot Surabaya serius menangani persoalan pelayanan kesehatan. Dirinya menyarankan, puskesmas menambah driver ambulans.

"Ketika warga membutuhkan ambulans pada malam hari, maka warga di wilayah kecamatan itu, bisa menggunakan ambulans tersebut," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV