SUARA INDONESIA

Ketua Golkar Banyuwangi Ruliyono Sabet Penghargaan Legislator Peduli Masyarakat Miskin

Muhammad Nurul Yaqin - 17 January 2024 | 23:01 - Dibaca 735 kali
Politik Ketua Golkar Banyuwangi Ruliyono Sabet Penghargaan Legislator Peduli Masyarakat Miskin
Serah terima penghargaan dari Pemimpin Redaksi (Pemred) Jawa Pos Radar Banyuwangi Saifuddin Mahmud kepada Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi, Ruliyono. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Ruliyono, menoreh penghargaan gemilang di acara “Sunrise of Java Award 2023”.

Ruli, sapaan akrabnya, terpilih sebagai “Legislator Peduli Masyarakat Miskin” dalam acara yang digelar Jawa Pos Radar Banyuwangi di Pendapa Sabha Swagata Blambangan, Rabu (17/1/2024) malam.

Penghargaan yang ditoreh Wakil Ketua DPRD Banyuwangi itu mencerminkan dedikasinya terhadap kesejahteraan warga kurang mampu di wilayah Bumi Blambangan.

Selama empat periode menjabat di legislatif, Ruli terkenal akan sosok yang terus istiqomah melakukan kegiatan aksi sosial teruntuk masyarakat kurang mampu.

Beberapa di antaranya, setiap kegiatan yang digelar Ruli selalu diawali santunan kepada yatim piatu dan janda sepuh. Ia juga punya program Jumat Berkah dengan memberikan nasi kotak kepada petani hingga tukang becak.

Tak hanya itu, saat berangkat dinas dari kediamannya di Glenmore menuju Banyuwangi kota, Ruli selalu memberikan sedekah berupa uang minimal kepada lima orang tukang becak dan penyapu jalan raya.

“Aksi yang saya lakukan ini ternyata terpantau oleh teman-teman Radar Banyuwangi. Sehingga penghargaan tersebut diberikan kepada saya,” kata Ruli usai kegiatan.

Juga setiap pertemuan rapat badan anggaran (banggar), Ruli adalah wakil rakyat yang terus mendesak kepada Pemkab Banyuwangi agar masyarakat kurang mampu seluruhnya tercover Universal Health Coverage (UHC).

UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan dengan biaya terjangkau. Program ini terintegrasi dengan BPJS kesehatan.

“Eksekutif janji dan mengusahakan masyarakat Banyuwangi tercover UHC tahun 2024 ini. Paling akhir 2025, sudah tercover semua,” jelasnya.

Penghargaan “Legislator Peduli Masyarakat Miskin” menjadi pengakuan atas kontribusi nyata yang telah diberikan oleh Ruli dalam menjalankan tugas sebagai seorang wakil rakyat.

Ruli juga tidak menyangka dirinya bisa terpilih. Baginya, aksi sosial yang rutin dilakukannya itu murni diniatkan untuk ibadah.

Kendati demikian apa yang sudah ia lakukan layak mendapat penghargaan. “Sunrise of Java Award 2023” menjadi saksi perjalanan panjang Ruliyono dalam menjalankan peran politiknya. 

Penghargaan ini bukan hanya sekadar pengakuan atas pencapaiannya, tetapi juga sebagai dorongan untuk terus memberikan kontribusi positif dalam pembangunan masyarakat Banyuwangi.

Tambahan informasi, Jawa Pos Radar Banyuwangi setidaknya memberikan apresiasi kepada 46 tokoh/instansi dalam bentuk ”Sunrise of Java Award”. Salah satunya diberikan kepada Ruliyono.

Penghargaan turut diberikan kepada Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Banyuwangi Mujiono, serta tokoh/instansi lainnya. Penghargaan diberikan atas dedikasi dan prestasi mereka dalam proses pembangunan di Banyuwangi. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV