SUARA INDONESIA

Anggota Komisi II DPR RI Minta Polisi Perketat Pengamanan TPS Luar Negeri, Antisipasi Kecurangan Pemilu

Heri Suroyo - 30 January 2024 | 14:01 - Dibaca 525 kali
Politik Anggota Komisi II DPR RI Minta Polisi Perketat Pengamanan TPS Luar Negeri, Antisipasi Kecurangan Pemilu
Anggota DPR RI Mardani Ali Sera. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, JAKARTA - Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS, Mardani Ali Sera, meminta Polri memaksimalkan pengamanan di setiap tempat pemungutan suara (TPS) di dalam maupun di luar negeri pada Pemilu 2024.

"Semua TPS harus diawasi. Kalau polisi tidak bisa, maka pastikan ada tangan-tangan kepolisian yang lain di panitia pemilihan luar negeri yang diberikan kuasa untuk mengawasi dan mengamankan TPS," ujar Mardani, Selasa (30/1/2024).

Sebab, kata dia, pengamanan terhadap TPS di luar negeri wajib dilakukan. Hal tersebut untuk menghindari atau mengantisipasi adanya kecurangan dalam pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Mardani yakin personel Bhayangkara yang ditugaskan ke sejumlah negara akan mengawasi setiap TPS di luar negeri dengan baik. Harapannya, proses pemilu langsung, umum, bebas dan rahasia (luber), serta jujur dan adil (jurdil), terlaksana secara baik.

Untuk diketahui, polisi melepas sebanyak 111 personel ke beberapa negara guna mengamankan sejumlah TPS di luar negeri pada Pemilu 2024. Personel yang ditugaskan akan ditempatkan di 12 wilayah atau mengacu pada skala prioritas yang telah ditentukan.

Jumlah pemilih luar negeri yang tersebar di 128 negara yakni 1.750.474 orang. Rinciannya 751.260 orang pemilih laki-laki, dan 999.214 jiwa pemilih perempuan. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Heri Suroyo
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV