SUARA INDONESIA

Jelang Masa Tenang, KPU-Bawaslu Banyuwangi Ingatkan Peserta Pemilu Copot APK Secara Mandiri

Muhammad Nurul Yaqin - 09 February 2024 | 16:02 - Dibaca 777 kali
Politik Jelang Masa Tenang, KPU-Bawaslu Banyuwangi Ingatkan Peserta Pemilu Copot APK Secara Mandiri
Komisioner KPU Banyuwangi, Dian Purnawan. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - KPU dan Bawaslu Kabupaten Banyuwangi mengingatkan kepada peserta Pemilu 2024 untuk menurunkan alat peraga kampanye (APK) secara mandiri jelang masa tenang.

Komisioner KPU Banyuwangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Dian Purnawan mengatakan, masa tenang berlaku selama tiga hari mulai 11-13 Februari 2024.

“APK bisa dibersihkan langsung oleh partai politik atau peserta pemilu secara mandiri. Karena, 10 Februari besok hari terakhir kampanye. Jadi tanggal 11 sudah steril,” ujar Dian, Jumat (9/2/2024).

Jika pada saat masa tenang masih ada APK seperti baliho caleg, banner hingga bendera partai yang belum diturunkan, tambah Dian, maka Bawaslu bersama Satpol PP yang akan menertibkan.

“Kami akan koordinasi dengan Bawaslu berkaitan mekanisme pembersihan APK. Yang jelas jika selama masa tenang masih ada APK, prosesnya kami serahkan ke Bawaslu,” tegasnya.

Komisioner Bawaslu Banyuwangi Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas, Khomisa Kurnia Indra menambahkan, pihaknya ternyata telah memberikan imbauan kepada kepada peserta pemilu untuk melakukan pembersihan APK secara mandiri. 

“Jika dirasa tanggal 10 Februari, malamnya masih banyak APK yang bertebaran di jalan maka tanggal 11, keesokan harinya kita tertibkan,” tegas Indra.

Ia mengatakan, pada Minggu 11 Februari 2024, Bawaslu juga akan melakukan apel siaga bersama Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Banyuwangi dalam rangka patroli di masa tenang pemilu.

“Setelah apel, secara serentak kami melakukan penertiban sisa-sisa APK yang belum dibersihkan. Dan ini kita sisir di seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Banyuwangi,” kata Indra.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV