SUARA INDONESIA

Protes Hasil Penghitungan Suara Tingkat PPK, Caleg dan Timses Ricuh di Kantor Kecamatan Lenteng

Wildan Mukhlishah Sy - 02 March 2024 | 10:03 - Dibaca 953 kali
Politik Protes Hasil Penghitungan Suara Tingkat PPK, Caleg dan Timses Ricuh di Kantor Kecamatan Lenteng
Suasana ricuh di Kantor Kecamatan Lenteng (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SUMENEP - Sebuah video yang menampilkan kericuhan di Kantor Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, sempat viral dan mencuri perhatian Panwaslu Kecamatan Lenteng.

Dari video yang beredar, kericuhan tersebut diduga terjadi karena ada seorang Calon Legislatif (Caleg) dan Tim Sukses (Timses) memprotes hasil perolehan suara yang diduga telah digelembungkan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lenteng.

Terlihat petugas keamanan, anggota brimob menjaga ketat kericuhan di Kantor Kecamatan Lenteng yang didominasi adu mulut itu, Jum'at (01/03/2024) malam.

Saat dikonfirmasi, Ketua Panwaslu Kecamatan Lenteng Hanafi, membenarkan adanya indikasi ketidaksinkronan data D milik PPK dengan internal Panwascam.

"Berdasarkan kajian internal Panwaslu Kecamatan Lenteng. Setelah meneliti D Hasil rekapitulasi ditingkat kecamatan, memang ditemukan beberapa indikasi-indikasi ketidaksinkronan data D Hasil dengan lembar kontrol perolehan suara, antara data PPK dengan internal kami di Panwascam," ungkapnya, Sabtu (02/03/2024).

Mendapati temuan tersebut, pihaknya segera meminta PPK Lenteng untuk melakukan perbaikan, sesuai dengan C hasil.

"Kami akan segera melayangkan saran perbaikan kepada rekan-rekan PPK, agar semuanya disesuaikan dengan C Hasil," ungkapnya.

Pemberian saran itu, kata Hanafi memang bagian dari wewenang Panwascam ketika menemukan kejanggalan dalam proses Pemilihan Umum (Pemilu).

"Saran perbaikan merupakan kewenangan Panwaslu bilamana terdapat kesenjangan dalam proses tahapan pemilu yang dilakukan oleh penyelenggara teknis. Saran perbaikan berupa rekomendasi kepada PPK untuk segera dapat dipedomani, dilakukan perubahan perbaikan sesuai dengan semestinya," jelasnya. 

Kendati, sempat ada video ricuh tersebut, pihaknya mengaku tetap mengapresiasi masyarakat, yang tanpa lelah ikut berpartisipasi mengawasi jalannya demokrasi, sehingga bisa terus berjalan jujur dan adil.

"Kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terus mendorong terciptanya pemilu yang bersih dan adil. Saya juga mengajak masyarakat untuk ikut secara aktif, partisipatif bersama-sama mengawasi dan mencermati proses tahapan rekapitulasi ini," tukasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV