SUARA INDONESIA

10 Partai Nonparlemen Muncul Jelang Pilkada Pemalang, Sepakat Dukung Kandidat Bergagasan Strategis

Ragil Surono - 13 May 2024 | 17:05 - Dibaca 595 kali
Politik 10 Partai Nonparlemen Muncul Jelang Pilkada Pemalang, Sepakat Dukung Kandidat Bergagasan Strategis
Ketua dan sekretaris 10 partai nonparlemen sepakat menjaga lancarnya Pilkada Pemalang. (Foto: Ragil/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, PEMALANG - Menjelang pemilihan kepala daerah, partai politik nonparlemen di Kabupaten Pemalang, melakukan konsolidasi bertajuk acara forum silaturahmi partai politik, Senin (13/5/2024).

Bertempat di salah satu hotel Pemalang, hadir ketua dan sekretaris beserta fungsionaris dari 10 partai politik. Yaitu Partai Perindo, Partai Nasdem, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Umat, Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Buruh, Partai Hanura dan Partai Garuda.

Bambang Mugiarto yang didaulat sebagai ketua presidium partai politik nonparlemen mengatakan, urgensi forum silaturahmi antarpartai politik adalah untuk menyukseskan Pilkada Pemalang 2024 yang berkualitas.

“Forum telah membuat sejumlah kesepahaman, salah satunya bagaimana kriteria seorang calon kepala daerah yang ideal, mengacu pada berbagai persoalan dan tantangan yang ada di Kabupaten Pemalang,” katanya.

Ke depan, kriteria tersebut akan menjadi acuan bersama dalam menentukan arah dukungan. Maka forum belum menentukan kemana arah dukungan kepada salah satu Bakal Calon (Bacalon) Bupati dan Wakil Bupati Pemalang tertentu.

“Karena posisi kami hanya bisa mendukung, maka tidak etis kalau kami mendahului memberi dukungan formal, sementara partai politik pengusung saja belum menentukan. Sebagai bentuk penghormatan, kami sepakat menunggu proses-proses politik yang sedang berlangsung,” ucapnya.

Ditanya apa kriteria dukungannya, Bambang Mugiarto enggan merinci. Namun, dia menegaskan bahwa secara prinsip dukungan diberikan kepada kandidat yang memiliki gagasan-gagasan strategis.

"Gagasan strategis apa yang dimiliki kandidat untuk mencabut sejumlah akar persoalan keterbelakangan di Kabupaten Pemalang. Tentu gagasan yang rasional, ya. Syukur gagasan itu tergolong original. Baik dari sisi politik anggaran, maupun nilai-nilai kecakapan kandidat yang diukur dari rekam jejaknya," jelasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ragil Surono
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV