SUARA INDONESIA

DPRD Kaltim Minta Bawaslu Perketat Pengawasan Jelang Pemilu 2024

Redaksi - 07 November 2023 | 13:11 - Dibaca 525 kali
Advertorial DPRD Kaltim Minta Bawaslu Perketat Pengawasan Jelang Pemilu 2024
Ketua Komisi I DPRD provinsi Kalimantan Timur Baharuddin Demmu. (Foto: Alawi/Suaraindonesia.co.id)

SAMARINDA, Suaraindonesia.co.id - Ketua Komisi I DPRD provinsi Kalimantan Timur Baharuddin Demmu meminta peran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) lebih diperketat terutama memasuki tahun politik dan menjelang Pemilu 2024.

"Bawaslu harus memperkuat ikat pinggang untuk mengawasi tahapan-tahapan kepemiluan," ujar Baharuddin Demmu di Samarinda, Selasa (07/11/2023). 

Ia meminta seluruh jajaran Bawaslu tingkat provinsi sampai kabupaten kota dapat menjaga soliditas, integritas, mentalitas dan profesionalitas dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Menurut Bahar, Bawaslu harus tegas dan ketatkan pengawasan saat tahapan berlangsung karena ke depan akan banyak rintangan. "Yang kita tunggu saat ini adalah implementasi dari penegakkan peraturan KPU pada setiap tahapannya," ucapnya.

Ia juga menanggapi arahan Bawaslu soal kegiatan DPRD berupa sosialisasi peraturan daerah (sosper), sosialisasi wawasan kebangsaan (sosbang) dan reses jangan sampai disusupi kampanye politik bahwa itu bagus, namun penegasan itu harus merata.

Halal tersebut Patut diacungi jempol. Namun pengawasan itu harus secara keseluruhan. "Jangan pandang bulu. Seperti contoh pengawasann terhadap alat peraga kampanye yang sudah disebar sejak dini," tegas Bahar. 

"Pelanggaran paling krusial saat ini yang harus dibasmi yaitu praktik money politik. Bawaslu harus tindak tegas," tandasnya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV