SUARA INDONESIA

Banmus DPRD Kaltim Berkunjung ke DPRD DKI

Redaksi - 13 November 2023 | 14:11 - Dibaca 283 kali
Advertorial Banmus DPRD Kaltim Berkunjung ke DPRD DKI
Banmus DPRD Kaltim saat berkunjung ke DPRD DKI. (Foto: Alawi/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JAKARTA - Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Provinsi Kalimantan Timur melakukan kunjungan kerja ke DPRD DKI Jakarta, Senin (13/11/2023). Kunjungan dipimpin Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo dan diterima oleh Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Panji Virgianto.

Kunjungan tersebut dalam rangka studi koparatif terkait penyusunan agenda kegiatan DPRD, perkiraan waktu penyelesaian suatu masalah, dan jangka waktu penyelesaian rancangan perda.

Dalam kunjungan tersebut, DPRD Kaltim mendapatkan penjelasan dari DPRD DKI Jakarta mengenai penyusunan agenda kegiatan DPRD. 

Diketahui, penyusunan agenda kegiatan DPRD dilakukan dengan melibatkan seluruh unsur pimpinan dan anggota DPRD. Agenda kegiatan DPRD disusun berdasarkan program kerja DPRD, aspirasi masyarakat, dan anggaran yang tersedia. 

DPRD Kaltim juga mendapatkan penjelasan mengenai perkiraan waktu penyelesaian suatu masalah. Dimana perkiraan waktu penyelesaian suatu masalah ditentukan berdasarkan kompleksitas masalah tersebut. Masalah yang kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diselesaikan.

Selanjutnya DPRD Kaltim juga mendapatkan penjelasan mengenai jangka waktu penyelesaian rancangan perda, bahwa jangka waktu penyelesaian rancangan perda ditentukan berdasarkan jenis perda tersebut. Rancangan perda yang bersifat strategis membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diselesaikan.

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur, Sigit Wibowo mengatakan, bahwa kunjungan kerja tersebut sangat bermanfaat bagi DPRD Kaltim. 

"Kami mendapatkan banyak informasi dan masukan dari DPRD DKI Jakarta," ungkapnya.

Sigit berharap, hasil studi koparatif tersebut dapat diterapkan di DPRD Kaltim. "Dengan menerapkan hasil studi koparatif tersebut, diharapkan DPRD Kaltim dapat bekerja lebih efektif dan efisien," ujar Sigit.

Kunjungan kerja DPRD Kaltim ke DPRD DKI Jakarta merupakan langkah penting bagi DPRD Kaltim. Kunjungan tersebut memberikan bekal bagi DPRD Kaltim untuk meningkatkan kinerjanya.

"Dengan mempelajari pengalaman DPRD DKI Jakarta, DPRD Kaltim dapat menyusun agenda kegiatan DPRD yang lebih efektif dan efisien. DPRD Kaltim juga dapat memperkirakan waktu penyelesaian suatu masalah dengan lebih akurat. Selain itu, DPRD Kaltim dapat menyelesaikan rancangan perda dalam jangka waktu yang lebih singkat," papar Sigit. 

Kunjungan kerja tersebut merupakan bukti keseriusan DPRD Kaltim untuk meningkatkan kinerjanya. DPRD Kaltim berkomitmen untuk menjadi lembaga perwakilan rakyat yang bekerja dengan profesional dan berintegritas. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV