SUARA INDONESIA

Disdikbud Jombang Kolaborasi Dengan PJI Gelar Pelatihan Cha-Ching Curriculum

Gono Dwi Santoso - 12 December 2023 | 08:12 - Dibaca 1.07k kali
Advertorial Disdikbud Jombang Kolaborasi Dengan PJI Gelar Pelatihan Cha-Ching Curriculum
Disdikbud Jombang Kolaborasi Dengan PJI Gelar Pelatihan Cha-Ching Curriculum. (Foto: Gono/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menyelenggarakan kegiatan pelatihan Cha-Ching Curriculum. 

Diketahui, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dimulai tanggal 5 -7 Desember 2023, diikuti 350 peserta dengan sasaran guru kelas 5 SD se-Kabupaten Jombang.

Kegiatan yang digelar di Aula 1 Disdikbud Jombang dihadiri oleh Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Rendra Kusuma, Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana, Ahmad Jalalludin, dan Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD, Supartini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Senen melalui Kepala Bidang Pembinaan SD, Rendra Kusuma dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Cha-Cing Curriculum merupakan salah satu cara untuk meningkatkan literasi keuangan.

"Bagaimana cara kita mendidik peserta didik agar dapat mengelola uang itu sendiri, sehingga peserta didik mampu memahami cara mengelola keuangan dengan baik dan bijaksana,” ujarnya, Selasa (5/12/2023). 

Nirma Septira selaku pemateri dalam kesempatannya menyampaikan beberapa hal mengenai program Cha-Ching Curriculum diantaranya program Cha-Ching Curriculum merupakan program pendidikan pengelolaan keuangan/literasi keuangan bagi siswa sekolah dasar yang fokus pada konsep dasar keuangan. 

"Dan tujuan program Cha-Ching Curriculum ini adalah untuk mengajarkan kepada peserta didik mengenai konsep pengelolaan keuangan secara sederhana," ungkapnya. 

Dengan hal ini, kata Nirma peserta didik bisa membedakan mana yang menjadi keinginan dan mana yang menjadi kebutuhan. "Maka dari itu, perilaku dibentuk sejak usia dini. Sehingga ketika usia dini sudah di ajarkan mengelola uang dengan bijaksana maka kebiasaan baik tersebut bisa abadi sampai tumbuh dewasa," ujarnya. 

Adapun manfaat Program Cha-Ching Curriculum untuk peserta didik adalah untuk memberikan pemahaman bagaimana cara mendapatkan uang, agar peserta didik mampu memahami manfaat dan pentingnya menentukan tujuan menabung dan peserta didik mampu membelanjakan uang dengan bijaksana.

"Selanjutnya manfaat Program Cha-Ching Curriculum untuk orang tua adalah membuat seorang anak lebih dapat menghargai kerja keras orang tua dalam mendapatkan uang, lebih terampil dan bertanggung jawab dalam mengelola uang, dan lebih peka dan berinisiatif dalam membantu sesama," katanya. 

"Adapun manfaat Program Cha-Ching Curriculum untuk guru adalah memiliki pemahaman yang komperhensif tentang konsep uang, mulai dari memperolehnya menabung, membelanjakan dan menyumbang dan mendapat kesempatan mengimplementasikan program bertaraf internasional," pungkasnya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV