SUARA INDONESIA

Tak Perlu Alat Canggih, Sekam Padi Bisa Menetaskan Telur Ayam

Hoirur Rosikin - 04 February 2023 | 16:02 - Dibaca 5.54k kali
Artikel Tak Perlu Alat Canggih, Sekam Padi Bisa Menetaskan Telur Ayam
Saat telur telur ayam mau menetas di dalam sekam padi, yang di tarok di kardus (Foto; Rosy/SuaraIndonesia.co.id)

SAMPANG - Selain padinya bisa di makan, Sekam padi ternyata bisa membuat telur ayam menetas, hanya cukup 15 atau 20 hari telur menetas di dalam sekam padi.

Hal ini di lakukan oleh Bu Mar masyarakat Desa Sreseh, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Dirinya pada awalnya melakukan itu karena telur tersebut di tinggalkan oleh induknya, pada akhirnya telur yang di tinggalkan di pendam di dalam sekam padi yang ia ambil dari penyulingan padi di daerahnya.

"Saya punya inisiatif untuk menetaskan telur itu hanya tanpa refrensi dan tanpa arahan orang lain, itu saya coba coba tapi berhasil telur itu menetas selama 15 hari, di dalam sekam padi" ucapnya, Sabtu (04/02/2023).

Buk Mar bercerita, awalnya saya tak yakin telur kampung itu akan menetas yang saya pendam di dalam sekam padi, tapi ternyata menetas.

"Hingga hari ini ketika induk ayam meninggal karna penyakit atau di tinggalkan tanpa sebab, pasti telurnya ayam saya di tarok di dalam sekam padi," terangnya.

Selain itu Buk Mar mengungkapan, untuk cara menetaskan telur tersebut di atas sekam padi tidak sudah dan tidak menghabiskan biaya uang seperti beli lampu dan listrik, hingga peralatan penetas telur yang mahal.

Dirinya cukup sekam ampas padi di tempat penyulingan padi, lalu di tarok di kardus, dan terlur ayam tersebut, selama Buk Mar mencoba hal itu terlur ayam tersebut selalu menetas.

Tidak hanya Buk Mar, tetangganya Bu Su juga mencoba menetaskan telur tersebut di dalam sekam padi, juga berhasil menetas telur ayamnya yang ia coba.

"Kita tidak usah beli alat penetas telur yang mahal, cukup dengan sekam padi saja telur ayam menetas selama 15 hari hingga 20 hari. Tapi sekam padinya diletakkan di tempat tertutup," tutupnya. 

 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Hoirur Rosikin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV