SUARA INDONESIA

KAI Daop 8 Surabaya Catat Kenaikan 10 Persen Volume Pelanggan, Dampak Tepat Waktu Datang dan Berangkat

Rangga (Magang) - 04 October 2024 | 19:10 - Dibaca 137 kali
Ekbis KAI Daop 8 Surabaya Catat Kenaikan 10 Persen Volume Pelanggan, Dampak Tepat Waktu Datang dan Berangkat
Petugas KA saat memberikan arahan rambu pada operasional kedatangan KA di stasiun. (Foto: Humas KAI untuk Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SURABAYA - Selama tiga kuartal tahun 2024, ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan kereta api penumpang di Daerah Operasi 8 terus meningkat.

Hal itu diungkapkan Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif. Menurutnya, komitmen KAI Daop 8 Surabaya dalam menjaga ketepatan waktu, keselamatan, kenyamanan dan pelayanan KA kepada pelanggan.

"Hingga 30 September 2024 tingkat ketepatan waktu (On Time Performance) keberangkatan dan kedatangan KA penumpang selalu meningkat tiap triwulannya," ujar Luqman, Jumat (4/10/2024).

Menurutnya, peningkatan ketepatan waktu ini terjadi dampak positif pada jumlah atau volume penumpang.

Disebutkan, pada periode Januari hingga September 2024, jumlah penumpang kereta api di wilayah Daop 8 mengalami kenaikan 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Luqman juga menambahkan, KAI terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dengan memberikan pelatihan kepada seluruh petugas.

Tujuannya, sambung Luqman, untuk memastikan kereta api menjadi moda transportasi pilihan utama masyarakat lantaran dalam hal ketepatan waktu, keselamatan penumpang, dan kontribusi layanan KA dalam mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

Berikut adalah data ketepatan waktu kereta api penumpang di Daerah Operasi 8 Surabaya.

• Triwulan 1 tahun 2024:

- Keberangkatan : 99,65 persen

- Kedatangan : 90,27 persen

• Triwulan 2 Tahun 2024:

- Keberangkatan : 99,82 persen

- Kedatangan : 95,80 persen

• Triwulan 3 Tahun 2024:

- Keberangkatan : 99,91 persen

- Kedatangan : 96,09 persen

"Ketercapaian ini menunjukkan komitmen pekerja KAI Daop 8 Surabaya dalam mewujudkan service excellent dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan," tuturnya.

Dijelaskannya, KAI Daop 8 Surabaya saat ini setiap hari mengoperasikan 45 KA jarak jauh reguler, kemudian pada setiap akhir pekan menjalankan 4 KA jarak jauh fakultatif, serta 48 KA Lokal.

Untuk itu, dengan tingkat ketepatan waktu perjalanan KA yang terjaga sesuai jadwal ini juga berdampak terhadap peningkatan volume pelanggan KA jarak jauh di tahun 2024.

Berdasarkan catatan kenaikan volume pada periode Januari - September 2024, sebanyak 4.387.212 pelanggan yang menggunakan KA di wilayah Daop 8. Jika dibanding periode yang sama tahun 2023 tercatat sebanyak 3.981.750 pelanggan.

"Angka ini mengalami peningkatan 10 persen atau 405.462 pelanggan dengan periode yang sama," ungkapnya.

Data kenaikan itu, urainya, juga ditunjang pihak KAI selain memiliki SDM yang berkompeten pada bidang masing-masing, juga selalu memberikan refreshing materi sesuai kebutuhan dan juga perkembangan era. 

Hal ini, lanjutnya, bertujuan agar pekerja KAI Daop 8 Surabaya bisa siap maupun siaga terhadap berbagai tantangan yang ada dan selalu memberikan pelayanan maksimal terhadap pelanggan.

"KAI terus berusaha menjadikan transportasi kereta api sebagai pilihan utama masyarakat dalam melakukan mobilitasnya, karena memiliki keunggulan ketepatan waktu, keselamatan pelanggan, bahkan mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya," tutup Luqman Arif mengakhiri. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rangga (Magang)
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV