SUARA INDONESIA

Bantu Petani, Petrokimia Gresik Perluas Jangkauan Layanan Mobil Uji Tanah

Syaifuddin Anam - 06 November 2020 | 00:11 - Dibaca 3.44k kali
Ekbis Bantu Petani, Petrokimia Gresik Perluas Jangkauan Layanan Mobil Uji Tanah
Mobil layanan uji tanah Petrokimi Gresik

GRESIK - Petrokimia Gresik memperluas jangkauan layanan mobil uji tanah. Mobil yang diluncurkan sejak tahun 2015 lalu awalnya hanya tersedia 4 unit. Kini menjadi 15 unit.

Termasuk di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang diresmikan langsung oleh Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Wilayah operasi ke-15 unit mobil uji tanah ini meliputi Madiun (Jatim), Jember (Jatim), Gresik (Jatim), Purwokerto (Jateng), Magelang (Jateng), Semarang (Jateng), Indramayu dan Bandung Barat (Jawa Barat), Lombok dan Sumbawa (NTB), Banjarmasin (Kalsel), Bandar Lampung (Lampung), Makassar (Sulawesi Selatan), dan Tanah Karo (Sumatera Utara).

Mobil ini memang dialokasikan untuk 15 daerah tersebut, tapi tidak menutup kemungkinan juga melayani daerah di sekitarnya. Keberadaan mobil uji tanah itu juga mendapat sambutan positif dari para petani. Sebab, mereka bisa terbantu mengecek kandungan tanahnya.

Direktur Utama PT Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menjelaskan, layanan mobil uji tanah sendiri berfungsi untuk menguji tingkat kesuburan tanah dan memberikan konsultasi pertanian secara gratis.

"Petani cukup membawa sampel tanah dari lahan pertaniannya, kemudian dalam waktu singkat dapat mengetahui kandungan tanah sekaligus mendapatkan rekomendasi pemupukan yang tepat," ujarnya, Senin (2/11/2020).

Selama ini petani juga merasa kesulitan dalam memilih jenis pupuk maupun dosis yang akan digunakan. Hadirnya layanan ini akan memberikan solusi atas permasalahan tersebut,.

Mobil uji tanah juga menjadi sarana bagi Petrokimia Gresik untuk membantu pemerintah mengedukasi petani agar menerapkan pola pemupukan berimbang demi terwujudnya pertanian yang berkelanjutan.

Dengan dosis pemupukan yang tepat dan berimbang, maka penggunaan pupuk oleh petani akan lebih efisien dan produktivitasnya pun semakin optimal, sehingga kesejahteraan petani dapat terdongkrak.

"Petrokimia Gresik berkomitmen mendukung peningkatan produktivitas pertanian untuk menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan dengan dasar penguasaan teknologi melalui asa Solusi Agroindustri," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syaifuddin Anam
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV