SUARA INDONESIA

12 Peralatan Camping Yang Wajib Kamu Bawa Saat Hiking Agar Perjalanan Lancar

Ambang Hari Laksono - 09 August 2022 | 12:08
Features 12 Peralatan Camping Yang Wajib Kamu Bawa Saat Hiking Agar Perjalanan Lancar

SUARA INDONESIA — Anda perlu menyiapkan beberapa perlengkapan agar kegiatan kemping Anda berjalan lancar. Nah, berikut beberapa perlengkapan camping dasar yang harus dibawa: 

1. Tenda

Tenda adalah tempat sementara di mana Anda dapat berteduh dan beristirahat selama kegiatan berkemah. Pastikan ukuran tenda yang Anda bawa sesuai dengan jumlah orang yang akan memasuki tenda. 

Jangan lupa untuk membawa tim pendukung tenda juga. 

2. Logistik atau Makanan Praktis

Bawalah makanan yang bisa dimasak dengan cepat atau makanan yang siap dihidangkan untuk kegiatan camping Anda. Pastikan bahan yang Anda bawa memiliki tanggal kadaluwarsa yang panjang. 

Tidak harus selalu mie instan, Anda juga bisa membawa makanan siap saji. 

3. Alat Memasak yang Praktis

Selain itu, bawalah wadah untuk membuang sisa makanan olahan Anda saat berkemah agar tidak mencemari lingkungan, seperti kompor spiritus, spatula dan lain-lain. Karena kebutuhan makanan camping tidak terlalu banyak dan membutuhkan pengolahan yang cepat, Anda tidak perlu membawa peralatan masak yang berat dan ribet.

4. Botol Minum

Bawalah botol minum yang dapat digunakan kembali dan tahan lama, sebaiknya yang berbahan aluminium, yang tidak hanya ringan dan tahan guncangan, tetapi juga dapat mengisi minuman panas dan menghangatkannya saat berkemah.

5. Pisau Lipat

Kehadiran pisau lipat tidak terlepas dari perlengkapan camping yang harus dibawa. Segala macam pemotongan, pengungkit dan fungsi lainnya termasuk dalam pisau lipat serbaguna ini.

Selain itu, ukurannya yang kecil memudahkan untuk dibawa saat berkemah.

6. Senter

Perlengkapan berkemah yang tidak kalah penting adalah senter. Bawalah senter dengan bohlam yang tahan lama. 

Sangat disarankan untuk membawa senter dengan lampu LED, karena ini menghemat energi, cahaya yang dihasilkan lebih terang dan tahan lama. 

7. Korek Api

Anda bisa menggunakan korek api untuk membuat api saat berkemah. Namun, Anda harus membawa korek api gas agar tidak mencemari lingkungan, karena menggunakan korek api dapat mencemari lingkungan, meskipun bahan dasar korek api adalah kayu.

8. Jas Hujan

Jangan mengira jas hujan hanya diperlukan untuk mengendarai sepeda motor, karena barang ini juga penting untuk berkemah. Ketika Anda berada di alam, Anda membutuhkan jas hujan. 

Anda tidak pernah tahu kapan akan turun hujan, jadi membawa perlengkapan ini sangat penting. 

9. Obat-Obatan dan Pertolongan Pertama 

Anda tidak akan mengalami cedera yang mengancam jiwa saat berkemah, tetapi berjalan sepanjang hari dapat menyebabkan lecet yang mungkin memerlukan perban, luka dan goresan juga menyebabkan lecet. Mereka cepat terinfeksi jika tidak diobati, jadi siapkan perban dan antiseptik. 

Kotak P3K juga harus berisi kebutuhan lain: gunting, lem, kain kasa, sabun, masker bedah CPR, dan peluit darurat.

10. Camping bag

Biasanya tas camping ini berukuran cukup besar untuk memenuhi beberapa kebutuhan camping Anda. Meskipun Anda pasti akan membutuhkan banyak energi untuk membawa semua perlengkapan Anda di dalam tas berkemah.

Hindari menggunakan tas yang mengharuskan Anda membawa barang-barang di sisi Anda. 

11. Alas Kaki 

Pastikan alas kaki yang Anda bawa ke perkemahan seperti sepatu gunung atau sandal gunung, hindari memakai sepatu dengan tumit dan sol yang licin karena dapat melukai diri sendiri saat berkemah.

12. Jaket

Karena berkemah identik dengan berkemah di pegunungan, dataran tinggi dikenal dengan suhu yang lebih sejuk, jadi bawalah jaket saat berkemah. Pastikan jaket yang Anda kenakan tebal dan tidak mudah sobek.

Pewarta : Ambang Hari Laksono
Editor : Ambang Hari Laksono

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV