SUARA INDONESIA

Tradisi Unik Idul Adha di Probolinggo, Hewan Kurban Diarak Keliling Kampung

Lutfi Hidayat - 29 June 2023 | 12:06 - Dibaca 1.02k kali
Features Tradisi Unik Idul Adha di Probolinggo, Hewan Kurban Diarak Keliling Kampung
Warga Kampung Sentono, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo mengarak sapi dam kambing kurban keliling kampung. (Foto: Lutfi Hidayat/Suaraindonesia.co.id).

PROBOLINGGO, Suaraindonesia.co.id - Warga Kampung Sentono, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo punya cara unik dalam merayakan Lebaran Idul Adha.

Setelah menunaikan Salat Idul Adha, warga mengarak hewan-hewan kurban keliling kampung. Tak hanya pria dewasa, tradisi yang dikenal dengan arak hewan kurban itu juga diikuti wanita dan anak-anak.

Tokoh masyarakat Kampung Sentono, Holili, mengatakan hewan kurban sapi dan kambing dihias dengan kalung karangan bunga dan diberi kain putih agar tampil lebih menarik.

Hiasan pada hewan kurban tersebut, menurut Holili sebagai syi'ar kepada masyarakat bahwa berkurban merupakan amalan ibadah yang diutamakan dalam Islam.

"Hiasan pada sapi dan kambing kurban ini, agar masyarakat tahu bahwa agama kita (Islam-red) menganjurkan berkurban karena merupakan ibadah yang diutamakan," ujarnya, Kamis siang (29/06/2023).

Seekor sapi maupun kambing diarak oleh puluhan warga setempat, tentu saja tradisi tersebut semakin ramai dan riuh karena banyaknya lalu lalang warga di jalan kampung.

Saat melintasi jalanan kampung, warga membawa pengeras suara dan membunyikan sirene hingga mengundang warga lain untuk keluar rumah. Puluhan warga pun langsung bergabung turut serta mengarak hewan kurban.

Sementara pelibatan anak-anak, kata Holili, untuk mengedukasi sejak dini agar tradisi arak hewan kurban tersebut tetap lestari dan tak lekang waktu.

"Ya anak-anak kami libatkan, untuk memberi pemahaman tentang salah satu ritual agama Islam, yaitu berkurban. Juga agar tradisi ini tidak hilang tergerus zaman mas," imbuhnya.

Selepas diarak keliling kampung, hewan-hewan kurban tersebut kemudian disembelih dan dibagi-bagikan kepada seluruh warga kampung.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV