SUARA INDONESIA

Durian Duri Hitam Wonosalam Jombang Miliki Rasa Lebih Lezat

Gono Dwi Santoso - 24 August 2023 | 18:08 - Dibaca 2.65k kali
Features Durian Duri Hitam Wonosalam Jombang Miliki Rasa Lebih Lezat
Mushir 40 petani durian duri hitam saat menali di pohon durian di Dusun Segunung, Desa Carangwulung Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang,Kamis (24/08/2023).( Foto: Gono Dwi Santoso/Suaraindonesia.co.id).

JOMBANG,Suaraindonesia.co.id - Wonosalam Jombang memang populer dengan buah durian. Tak salah bagi anda pencinta durian mampir di sini.

Apalagi sekarang ada durian duri hitam yang dibudidayakan petani Dusun Segunung, Wonosalam, Jombang, Mushir (40).

Mushir mengatakan, durianduri  hitam asal Malaysia ini menjadi unggulan. Pucuk dan duri berwarna hitam menjadi ciri khas buah ini.

"Dari penampilan luar sangat berbeda dengan durian lain. Begitu juga saat dibuka, warnanya khas orange dan memiliki daging yang tebal dan manis rasanya dan tingkat kemanisan lebih tinggi daripada varietas musang king," terang Mushir, Kamis (24/08/2023).

Hal itu dia buktikan dari hasil pengukuran dengan alat refractometer. Tingkat kemanisan durian duri hitam hasil budidaya di Wonosalam memiliki kandungan brix 39,9 persen.

"Hal itu lebih tinggi daripada durian lokal sekitar brix 30 persen .Sehingga beberapa penderita diabetes dianjurkan tidak terlalu banyak mengkonsumsi durian ini," jelasnya.

Ia menyampaikan, untuk harga di pasaran, durian ini dibanderol Rp 425 – 450 ribu per kilogram.

"Ya untuk harga kami mengikuti pasarnya. Di mana harganya mulai Rp 425 ribu per kg,’" tukasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV