SUARA INDONESIA

Kisah Inspiratif Dr. Nugroho Widiasmadi dalam Mewujudkan Lingkungan Berkelanjutan

Redaksi - 13 January 2024 | 07:01 - Dibaca 17.55k kali
Features Kisah Inspiratif Dr. Nugroho Widiasmadi dalam Mewujudkan Lingkungan Berkelanjutan
Dr. Nugroho Widiasmadi saat mempraktekan cara membudidaya Alfafa. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, SEMARANG - Momen yang menginspirasi, Dr. Ir. H. Nugroho Widiasmadi, MEng, dimana seorang dosen inovatif dari Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang telah meraih Penghargaan Kalpataru 2023 dari Presiden RI lewat Menteri Lingkungan Hidup. Penghargaan ini bukan hanya prestasi pribadi, tetapi juga sebuah tonggak penting bagi dunia Pangan Berkelanjutan & Lingkungan Hidup.

Penghargaan Kalpataru dalam kategori pembina lingkungan mengukuhkan dedikasi dan penelitian jangka panjang Dr. Nugroho. Ini bukan hanya prestasi semata, tetapi juga cerminan dari upaya nyata untuk memperbaiki kondisi lingkungan dan mengatasi tantangan ekonomi di Indonesia.

Inovasi Biosoildam mampu mengerem kecepatan yang memicu terjadinya kiamat lingkungan . Pemanasan Global yang dipicu oleh iritasi tanah akibat keracunan pupuk kimia yang sudah dimulai.sejak revolusi hijau 1975.

Calon pemimpin bangsa ini mestinya berani banting stir dalam pembangunan pangan dengan total meniggalkan pupuk kimia dan berorientasi besar besaran pada pupuk total organik yang membuat tanah lebih hidup dan dingin. Biosoildam sendiri telah mempu menjawab masalah ini dengan total organik dan hasil panen melimpah.

Menjaga Lingkungan untuk Generasi Mendatang

Dalam wawancara eksklusif, Dr. Nugroho membagikan pemikiran dan inspirasi di balik inovasinya. "Saya tergerak karena menyadari perubahan yang terjadi pada alam. Degradasi lingkungan begitu luar biasa, dan saya berusaha untuk menjaga serta mengembalikan kondisi lingkungan seperti dulu," ujar Dr. Nugroho.

Faktor Ekonomi Juga Menjadi Pendorong Utama

"Indonesia, sebagai negara agraria, masih mengimpor bahan makanan setiap tahun. Saya melakukan riset untuk mengurangi kerusakan lingkungan dan memperkuat ketahanan pangan negara," tambahnya.

Inspirasi dari Surat An-Naba dalam Al Quran

Pentingnya menjaga alam dipandu oleh inspirasi dari ajaran agama. Dr. Nugroho membagikan inspirasinya dari surat An-Naba dalam Al Quran, di mana ia menemukan petunjuk tentang parameter alam yang terkontrol dengan baik. "Saya percaya, jika ditunjukkan dalam Al Quran, itu adalah petunjuk. Petunjuk tersebut saya konkritkan, karena di surat tersebut ada kata alfafa,'" jelas Dr. Nugroho.

Budidaya Alfafa untuk Keseimbangan Alam

Berkat kesempatan belajarnya di India, Dr. Nugroho mulai budidaya alfafa di Indonesia sejak tahun 2007. Meskipun mengalami kegagalan awal, dedikasinya membuahkan hasil dengan turunan ke-12 tanaman alfafa.

"Alfafa sangat luar biasa karena mengandung mikroba rhizobium di akarnya. Rhizobium ini menjadi penggerak alam untuk menjadi lebih baik," ungkap Dr. Nugroho.

Dengan bantuan teman-teman di UGM, ia berhasil memperbanyak rhizobium, yang mampu mengurai makanan dengan cepat.

Rhizobium Sebagai Solusi Pengurai Tanah

Dalam uji coba selama 3-5 tahun, Dr. Nugroho dan timnya berhasil mengajarkan petani untuk menggunakan rhizobium sebagai pengurai tanah. "Kemampuan mikroba tersebut sempurna mengurai makanan. Biomassa yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebagai pangan untuk tanaman, binatang, maupun manusia," ungkap Dr. Nugroho.

Inovasi Mendapat Pengakuan Bank Indonesia

Keberhasilan inovasinya rupanya tidak hanya mendapatkan perhatian lokal, tetapi juga menarik perhatian Bank Indonesia. Inovasi Dr. Nugroho membantu petani dalam hal mandiri pupuk, mandiri pangan, dan konservasi tanah. Sejak tahun 2012, Bank Indonesia telah menggunakan inovasi tersebut, membuat Dr. Nugroho layak meraih Penghargaan Kalpataru.

Implementasi Rhizobium di Kota Semarang

Dalam upaya menjadikan inovasinya berdampak nyata, Dr. Nugroho menerapkan penggunaan rhizobium di Kota Semarang melalui konsep urban farming sejak tahun 2012. "Selamat dan terima kasih atas dukungan untuk inovasi ini," ucap Dr. Nugroho kepada masyarakat Semarang.

Prestasi Luar Biasa, Inspirasi untuk Semua Kalangan

Penghargaan Dr. Ir. H. Nugroho Widiasmadi, MEng, bukan hanya kehormatan pribadi, tetapi juga menjadi inspirasi bagi semua kalangan untuk berkontribusi dalam menjaga lingkungan dan menciptakan inovasi yang membawa manfaat bagi masyarakat dan generasi mendatang.

Implementasi Teknologi Biosoildam MA-11:

Meningkatkan Produktivitas Pertanian dan Keseimbangan Alam

Teknologi Biosoildam MA-11, yang telah didaftarkan di Kementerian Hukum & Hak Asasi Manusia RI sebagai kekayaan intelektual HAKI, telah diterapkan hampir di semua daerah di Indonesia dengan berbagai jenis karakter tanah.

Teknologi ini didasarkan pada sistem Pertanian Terintegrasi Total Organik, berpotensi memberikan manfaat luar biasa, antara lain menekan biaya operasional hingga 70 persen, meningkatkan hasil panen hingga 200 persen (dua kali lipat), mewujudkan pertanian berkelanjutan, menghadapi perubahan iklim global, dan menghasilkan efek ekonomi multipel. 

Implementasi Teknologi dengan Standar Tinggi

Untuk mengimplementasikan teknologi Biosoildam MA-11, masyarakat dan petani dilatih dengan 5 Standar & Asesmen kerja sebagai SOP lapangan:

Standar kualitas biomassa limbah ternak minimum 2000 uS/cm sebagai bahan pupuk, dan limbah jerami minimum 500 uS/cm sebagai bahan pakan.

Standar hasil proses penguraian menjadi pupuk dan pakan harus meningkat minimal 2 kali lipat, untuk pupuk organik (Superbokasi) menjadi minimum 4000 uS/cm, dan untuk pakan (Superfeed) menjadi minimum 2000 uS/cm.

Standar kesehatan tanah dicapai dengan melakukan treatment tanah, yaitu dengan menyemprot mikroba ke dalam topsoil saat olah tanah sampai kedalaman 40 cm, menghasilkan minimal. 

Indonesia Menyongsong Tantangan Lingkungan Masa Depan

Indonesia, negara kepulauan megadiverse, bersiap memasuki babak baru dalam perjalanan demokrasinya dengan Pemilihan Umum 2024. Dalam sorotan, tiga tokoh besar, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto, muncul sebagai kandidat kuat untuk memimpin negeri ini.

Namun, dalam menghadapi kompleksitas tantangan zaman, para aktivis lingkungan memberikan kriteria khusus bagi calon pemimpin. Tata Mustasya, Senior Campaign Strategist Greenpeace International, menyoroti tiga pekerjaan rumah mendesak.

Pertama, pemimpin berikutnya harus mengoreksi komitmen iklim yang dinilai lemah, dengan langkah konkret seperti penerapan pajak karbon untuk PLTU batu bara.

Kedua, fase-out PLTU batu bara dan percepatan penggunaan energi baru dan terbarukan menjadi langkah krusial, dengan pendanaan dari pajak tinggi untuk pencemar.

Ketiga, pemimpin harus melepaskan diri dari pengaruh oligarki batu bara, menjadikan integritas sebagai kunci utama dalam kebijakan sektor energi, lingkungan, dan iklim.

Tata Mustasya menilai Anies Baswedan memiliki visi yang jelas, namun menantangnya untuk membuktikan sebagai 'Man of Action'. Apakah dia mampu melepaskan diri dari kepentingan ekonomi-politik batu bara, menjadi pertanyaan besar dalam perjalanan Indonesia menghadapi krisis iklim.

Dalam menyongsong pemilu, Indonesia membutuhkan pemimpin yang tidak hanya berbicara, tetapi juga bertindak nyata demi keberlanjutan dan masa depan bangsa. (*) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV