SUARA INDONESIA

Desa Wisata Bangsri Berpeluang 15 Besar Diajang LWDN 2023

Gunawan - 09 November 2023 | 11:11 - Dibaca 3.66k kali
Hiburan Desa Wisata Bangsri Berpeluang 15 Besar Diajang LWDN 2023
Desa wisata Bangsri di Kecamatan Jepon Kabupaten Blora, Selasa (7/11/2023). (Foto : Gunawan/Suara Indonesia).

BLORA, SUARA INDONESIA - Sebanyak 2.007 desa di seluruh Indonesia ikut berkompetisi diajang Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) tahun 2023 dari Kementerian Desa (Kemendes).

Desa Bangsri, Kecamatan Jepon Kabupaten Blora masuk nominasi 30 besar LWDN dan bahkan pada Selasa (17/11/2023) untuk masuk di 15 besar masih terbuka lebar.

"Tahapan dan beberapa proses yang harus dilalui dalam seleksi ini. Aspek ekonomi, lingkungan, sosbud, menjadi dasar unsur penilaian kami dan harus dapat mempresentasikan dalam pengelolaannya bila dinyatakan lolos 45 besar," kata Dirjen Pembangunan Sarpras Desa, Kemendes PDTT, Nursaid.

Diantara aspek yang menjadi unsur penilaian juri, Nursaid menambahkan, adalah diantaranya aspek wisata berkelanjutan, aspek Sapta Pesona, kontribusi Desa Wisata terhadap PADes dan ketepatan antara data dan materi presentasi.

Jika nantinya Desa Wisata Nusantara Bangsri masuk 15 besar, akan diundang ke Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menerima penganugerahan desa wisata nusantara.

"Apa yang sudah dipresentasikan, semoga ada hasil," terangnya.

Terpisah Kepala Desa Bangsri,  Laga Kusuma mengatakan pengembangan desa wisata kedepan akan terus dilakukan.

"Ada kereta mini, waterboom dan penginapan. Mohon doanya semoga Desa Wisata Bangsri bisa terus berkembang," ungkapnya.

Sebagai informasi tambahan Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada Desa Wisata yang memenuhi kriteria yang ditentukan pada proses seleksi dan penilaian.

LDWN 2023 memiliki 2 kategori yang diperebutkan yakni desa dengan status Indeks Desa Membangun (IDM) Desa Mandiri dan Maju kemudian IDM yang berkembang, sangat tertinggal dan tertinggal dikategori kedua.


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gunawan
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV