SUARA INDONESIA

Cari_aman Berkendara Saat Hujan Disertai Angin

Redaksi - 08 February 2024 | 10:02 - Dibaca 2.02k kali
Hiburan Cari_aman Berkendara Saat Hujan Disertai Angin
Bikers berkendara saat kondisi hujan deras. (Foto: MPM Honda Jatim/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO - Hujan dan angin kencang serta banjir masih terjadi dibeberapa wilayah seperti Kota Surabaya , Sidoarjo, Malang, Ponorogo, dan kota-kota yang lain di Jawa Timur. Kondisi ini bisa sangat berbahaya bagi para pengendara motor yang tidak waspada.

Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim, Hari Setiawan membagikan beberapa tips Cari_aman berkendara sepeda motor saat hujan angin yang bisa para bikers ikuti:

1. Periksa kondisi motor sebelum berkendara.

Pastikan motor dalam kondisi baik, termasuk rem, lampu, dan kaca spion. Pastikan juga ban motor memiliki tekanan yang cukup dan kembangkan sedikit agar memiliki cengkeraman yang baik pada jalan yang basah.

2. Kenakan perlengkapan berkendara yang sesuai. 

Pakailah jaket hujan, helm, sarung tangan, dan sepatu yang tahan air. Ini akan membantu Anda tetap kering dan memberikan perlindungan saat berkendara.

3. Turunkan kecepatan.

Berkendara dengan kecepatan rendah adalah langkah penting saat hujan angin. Jaga kecepatan rendah dan hindari berakselerasi atau mengerem dengan tiba-tiba, karena jalan yang basah dapat membuat ban tergelincir.

4. Jaga jarak aman.

Pastikan para bikers menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda. Hal ini akan memberi Anda waktu yang cukup untuk bereaksi dalam situasi darurat dan menghindari tabrakan.

5. Hindari genangan air.

Jika memungkinkan, hindari melewati genangan air yang dalam. Genangan air dapat menyebabkan hilangnya traksi pada ban dan membuat motor tergelincir.

6. Gunakan cengkeraman yang tepat pada tuas gas dan rem.

Saat berkendara di jalan yang basah, pastikan Anda menggunakan cengkeraman yang tepat pada tuas gas dan rem. Hindari mengerem tiba-tiba agar tidak tergelincir. Rem secara perlahan dan hentikan gas secara bertahap saat akan berbelok untuk menjaga keseimbangan.

7. Waspada terhadap kondisi jalan.

Perhatikan kondisi jalan. Hindari jalan berlumpur atau berminyak karena itu dapat membuat ban motor kehilangan traksi dan menyebabkan kecelakaan.

“Salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan adalah faktor lingkungan, yaitu kondisi cuaca," kata Suhari selaku Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim.

"Untuk itu para bikers wajib mengetahui teknik berkendara serta perlengkapan berkendara yang perlu dipersiapkan dalam berkendara agar #Cari_aman berkendara sebagai slogan keselamatan berkendara sepeda motor Honda #Cari_aman,” tandasnya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV