SUARA INDONESIA

Gandeng Badan Intelijen Negara, Lapas Banyuwangi Gencarkan Vaksinasi Booster bagi Petugas dan WBP

Muhammad Nurul Yaqin - 23 April 2022 | 18:04
Kesehatan Gandeng Badan Intelijen Negara, Lapas Banyuwangi Gencarkan Vaksinasi Booster bagi Petugas dan WBP

BANYUWANGI- Lapas Kelas IIA Banyuwangi kembali menggelar vaksinasi booster (dosis ketiga) untuk petugas maupun Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Sabtu (23/4/2022).

Vaksinasi kali ini, Lapas Banyuwangi menggandeng Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia dan Puskesmas Mojopanggung, Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto mengatakan, kegiatan yang berlangsung di Aula Sahardjo itu, dimaksudkan untuk memberikan imunitas tambahan terhadap penyakit Covid-19. Dimana setelah minimal 6 bulan yang lalu baik petugas maupun WBP sudah mendapatkan vaksinasi dosis ke 2. 

"Hal ini merupakan perwujudan dari langkah nyata Lapas Kelas IIA Banyuwangi dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi," kata Wahyu.

Wahyu mengungkapkan, kegiatan vaksinasi booster ini adalah sebagai lanjutan dari kegiatan vaksinasi booster sebelumnya dimana Lapas Kelas IIA Banyuwangi menggandeng Kodim 0825/Banyuwangi dan Dinkes Banyuwangi.

Wahyu juga menambahkan bahwa semua elemen Lapas Kelas IIA Banyuwangi, baik petugas maupun WBP diharuskan mendapatkan vaksinasi booster. Hal ini merupakan ikhtiar bersama untuk memberikan perlindungan diri agar terhindar dari penyakit Covid-19.

Ia juga berpesan agar seluruh petugas dan WBP Lapas Kelas IIA Banyuwangi untuk senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari.

“Pelaksanaan vaksinasi booster lanjutan ini adalah wujud nyata kita sebagai keluarga besar Lapas Kelas IIA Banyuwangi untuk mendukung program Pemerintah dalam pencegahan dan pengendalian penyebaran angka positif Covid-19. Hal ini juga sebagai proteksi diri masing-masing agar senantiasa terhindar dari virus dan memiliki tubuh yang sehat," ucap Wahyu.

“Saya selalu mengingatkan kepada saudara-saudaraku WBP dan rekan-rekan petugas Lapas Kelas IIA Banyuwangi agar selalu menerapkan protokol kesehatan yaitu 5M dimanapun dan kapanpun itu,” tambahnya.

Secara bergantian dan antri, petugas Lapas Kelas IIA Banyuwangi mengisi formulir yaitu lembar skrining yang sudah disediakan. Dilanjutkan pemeriksaan dasar yaitu pemeriksaan suhu tubuh, tekanan darah, Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang muncul pasca vaksinasi dosis ke 1 dan 2. Jika hasilnya dinyatakan sehat maka pemberian vaksinasi booster dilanjutkan dan diakhiri dengan observasi.

Terlaksananya vaksinasi booster lanjutan ini tidak luput dari koordinasi yang baik antara Lapas Kelas IIA Banyuwangi dengan BIN dan Puskesmas Mojopanggung Dinkes Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan ini berjalan sukses, lancar dan tertib tanpa ada kendala yang berarti. Hasilnya sebanyak 73 orang petugas dan 258 orang WBP menerima vaksin booster. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya