SUARA INDONESIA

RSUD Soeroto Ngawi Siapkan 36 Kamar dan Dokter Jiwa bagi Caleg Gagal di Pileg 2024

Ari Hermawan - 21 November 2023 | 13:11 - Dibaca 1.52k kali
Kesehatan RSUD Soeroto Ngawi Siapkan 36 Kamar dan Dokter Jiwa bagi Caleg Gagal di Pileg 2024
Ruangan Teratai RSUD Soeroto Kabupaten Ngawi bagi pasien ODGJ. (Foto: Dok. Suara Indonesia/Ari Hermawan)

SUARA INDONESIA, NGAWI - RSUD Soeroto Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, siap menampung para caleg gagal di pemilu 2024. Dirut RSUD Soeroto, Agus Priyambodo mengatakan, ada 36 kamar yang dipersiapkan bagi pasien caleg depresi akibat tidak terpilih.

Menurutnya, 36 kamar untuk pasien depresi terbagi menjadi tiga ruangan. Yakni, ruangan depresi ringan, sedang dan berat.

"Untuk kategori depresi ringan dan sedang ada di ruangan Anggrek dan Cendana. Sedangkan depresi berat kami tempatkan di ruangan khusus, yaitu ruang Teratai," kata Agus Priyambodo, Selasa (21/11/2023).

Ia menambahkan, RSUD Soeroto juga menyiapkan dokter spesialis kejiwaan serta perawat yang berjaga ekstra selama 24 jam secara bergantian.

"Kami melakukan pengawasan ketat untuk ruangan Teratai, pintu menuju ke ruangan tersebut ada dua. Tidak sedikit pasien yang mengamuk hingga mencoba kabur," ujarnya.

Agus Priyambodo menjelaskan, gangguan jiwa bisa kena siapa saja. Karena manusia itu ada ambang kemampuan menoleransi stress. Ketika tidak mampu, maka dia termasuk depresi.

"Gangguan jiwa tidak datang tiba-tiba, apa yang diharapkan tidak sesuai kenyataan kemudian mentalnya lemah terjadilah depresi kemudian tertekan. Jika terus berlanjut, sudah mulai halusinasi," pungkasnya.

Informasi yang dihimpun awak media, pada Pemilu 2014 lalu ada dua caleg gagal yang dirawat di ruang Teratai. Mereka mengalami depresi setelah gagal jadi wakil rakyat.

Selama dirawat, mereka didampingi ahli kejiwaan dan mendapat pengawasan ekstra. Pasien diberikan motivasi sehat dan tidak dibiarkan sendiri dalam masa perawatan. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ari Hermawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV