SUARA INDONESIA

Sebelum Keluar-Masuk Rumah, Ingat Untuk Membaca Do'a ini

Redaksi - 25 January 2022 | 16:01 - Dibaca 1.40k kali
Khazanah Sebelum Keluar-Masuk Rumah, Ingat Untuk Membaca Do'a ini
Ilustrasi (Foto: Suaraindonesia.co.id)
JEMBER - Keluar dari rumah merupakan suatu keharusan, baik untuk bekerja, bepergian, berkunjung ke tetangga, berobat, bersosialisasi, sekolah dan masih banyak lagi. 

Dalam sehari sekurang-kurangya seseorang akan keluar-masuk rumah sebanyak satu kali, kecuali dalam keadaan uzur atau sakit yang memang tidak memungkinkan untuk beranjak dari rumah.

Berada di luar rumah memerlukan beberapa persiapan, baik untuk urusan pakaian maupun keselamatan, karena berbagai kemungkinan bisa terjadi, seperti dihadang oleh segerombolan orang tak dikenal atau sekedar terpeleset saat melewati jalan yang berlubang.

Oleh karena itu, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membaca do'a setiap keluar maupun masuk rumah. Agar terhindar dari kondisi-kondis yang tidak diinginkan serta mendapat perlindungan langsung dari Allah SWT.

"Dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW menjelaskan keutamaan do'a ini, "Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca 'Bismillaahi tawakkaltu 'alallaahi laa haula wa laa quwwata illa billaah,' maka disampaikan kepadanya, "Kami diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya dan kamu dilindungi." Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, 'Bagaimana mungkin kalian bisa menggangu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi dan dilindungi.'," HR Tirmidzi.
Berikut do'a-do'a pilihan yang bisa dibaca saat ingin keluar rumah ataupun memasukinya.

Do'a Keluar Dari Rumah

بسم الله توكلت على الله لا حول ولا قوة الا بالله

Bismillaahi tawakkaltu 'alallaahi laa haula wa laa quwwata illa billaah

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, aku berserah kepada Allah, tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah.

Setelah lelah beraktifitas di luar, seseorang tentu akan kembali ke rumahnya, maka sebelum memasuki rumah, hendaklah juga membaca do'a, serta memberikan salam kepada anggota keluarga di dalamnya, sebagaimana yang juga dilakulan Rasulullah SAW setiap Beliau pulang.

"Dari Abu Malik Al-Asyari' ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Jika memasuki rumahnya maka ucapkanlah, "Allaahumma inni as-aluka khairal maulij wa khairalmakhraj bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi kharajna wa ala'llaahi rabbinaa tawakkalnaa," lalu hendaklah mengucapkan salam kepada keluarganya," HR Abu Dawud.

Do'a Masuk Rumah

اللهم اني أسألك خير المولج وخير المخرج بسم الله ولجن
 وبسم الله خرجنا و على الله ربنا توكلنا السلام عليكم اهل البيت و رحمة الله وبراكاته

Allaahumma inni as-aluka khairal maulij wa khairalmakhraj bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi kharajna wa ala'llaahi rabbinaa tawakkalnaa assalaamu'alaikum ahlal baiti wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Artinya: Ya Allah, sesunguhnya aku mohon kepada-Mu akan sebaik-baiknya tempat masuk dan keluar. Dengan menyebut asma Allah kita masuk, dengan menyebut asma Allah kita keluar dan kepada Allah yakin Tuhan kita, kita bertawakkal. Kesalamatan semoga tetap atas kalian semua, demikian pula rahmat dan barakah Allah. 

Demikian do'a keluar dan masuk rumah, sesuai dengan yang Rasulullah ajarkan melalui hadis-hadisnya. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV