SUARA INDONESIA

Ustaz Adi Hidayat: Desain Ibadah Itu Tidak Ada yang Memberatkan

Tim - 19 May 2022 | 20:05
Khazanah Ustaz Adi Hidayat: Desain Ibadah Itu Tidak Ada yang Memberatkan
JEMBER- Ibadah ialah suatu hal yang dikerjakan oleh manusia, sebagai hamba Allah SWT yang memang diciptakan untuk beribadah kepada-Nya. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Qur'an.

"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku" QS Adz-Dzariya 56.

Ustaz Adi Hidayat dalam ceramahnya juga menyebutkan bahwa semua ibadah yang dilakukan oleh manusia telah diatur sedemikian rupa sehingga ia tidak akan mengganggu kewajiban meski ditengah-tengah kesibukkan dunia.

"Semua ibadah itu sudah diatur dengan ketentuan yang pasti akan selalu sesuai dengan kadar kesibukkan. Gak ada kondisi tersibuk yang meninggalkan ibadah," ujarnya dalam kanal YouTube Adi Hidayat Official.

Hal itu dikarenakan tidak semua ibadah bersifat wajib. Sebagian lain dari ibadah-ibadah tersebut adalah sunah yang dikerjakan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah serta mendekatlan diri kepada-Nya.

"Allah membagi ibadah kepada yang pokok dan cabang. Pokok itu wajib pasti sesuai dengan kudu kesibukkan yang kita lakukan. Nggak mungkin ada kesibukkan yang membuat kita tidak bisa menunaikan ibadah yang wajib," paparnya.

Ustaz Adi juga menambahkan bahwa untuk memahami hal-hal tersebut dibutuhkan ilmu agar amal ibadah yang dilakukan memiliki dasar kuat. Sehingga saat dihadapkan pada hal-hal yang bisa menyebabkan tidak terlaksananya dapat dilalui tanpa keraguan akan hukumnya. (Ree)

Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya