SUARA INDONESIA

Ustaz Adi Hidayat: Ibadah Sosial Dalam Ketakwaan Kepada Allah

Tim - 31 May 2022 | 20:05
Khazanah Ustaz Adi Hidayat: Ibadah Sosial Dalam Ketakwaan Kepada Allah
JEMBER- Ketakwaan ialah salah satu bentuk ketaatan kepada Allah SWT, biasanya berhubungan dengan perihal ibadah.

Menurut Ustaz Adi Hidayat dalam surah Al-Imran ayat 133 dijelaskan tentang bagiamana bentuk ketakwaan seorang hamba berkaitan dengan ibadah sosialnya.

"Orang takwa di sini ternyata ketika disebutkan oleh Allah bukan dari meningkatkan ibadah spiritualnya tapi ibadah sosialnya," ujarnya dalam kanal YouTube Adi Hidayat Official.

Dari ayat tersebut, ustaz Adi menjelaskan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah adalah dengan ibadah sosial.

Seperti berbuat baik pada sesama, suka berbagi, bersedekah, saling memaafkan dan lain sebagainya, sebagaimana yang disebutkan dalam firman-Nya.

"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik diwaktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan," QS Al-Baqarah 133-134.

Selanjutnya, ustaz Adi juga memaparkan bahwa saling memaafkan merupakan perkara yang sangat disukai oleh Allah SWT. Baik untuk mereka yang memintaa maaf atas kesalahan-kesalahan pada orang lain, maupun mereka yang telah memaafkannya.

"Sikap memaafkan dan yang berusaha meminta maaf tinggi sekali di hadapan Allah SWT. Orang lapang mampu memaafkan dan mudah untuk meminta maaf," tandasnya. (Ree)

Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya