SUARA INDONESIA

DPD IWO Situbondo Terbentuk, Zainullah Wartawan Disway Terpilih Menjadi Ketua

Syamsuri - 04 December 2022 | 17:12 - Dibaca 1.68k kali
Komunitas DPD IWO Situbondo Terbentuk, Zainullah Wartawan Disway Terpilih Menjadi Ketua
Jajaran Pengurus inti DPD IWO Kabupaten saat membentuk Pengurus Harian dan Bidang Bidang. ( Foto : Humas DPD IWO).

SITUBONDO - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Indonesia Kabupaten Situbondo, resmi dibentuk secara musyawarah dan mufakat, pada 4 Desember 2022, bertempat di Cafe R2 Kelurahan Patokan Situbondo. Minggu (04/12/2022).

Berdasarkan hasil kesepakatan dan mufakat bersama dari 20 media atau 33 wartawan  media Online di Situbondo yang sudah tergabung dan menyatakan diri siap menjadi anggota DPD IWO SItubondo.

Hal itu, sebagaimana dibuktikan rekomendasi Direktur daan Pimred perusahaannya masing masing.

Semua media bersepakat Zainullah Wartawan disway sebagai Ketua  dan Syamsuri sebagai Wakilnya DPD IWO Situbondo.

Ketua terpilih DPD IWO Situbondo mengatakan, pembentukan pengurus DPD IWO Situbondo dilaksanakan setelah diterbitkannya Mandat sementara yang ditandatangani oleh Ketua Umum DPP IWO pusat, Jodhi Yudono dan Sekjen Witanto, pada tanggal 20 Nopember 2022.

“IWO adalah organisasi profesi yang menaungi wartawan dan pemilik media online di Indonesia, dan didirikan oleh sejumlah wartawan senior, di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Dalam perjalanannya, IWO tak sekedar pelindung terhadap kebebasan pers, namun juga sebagai kontrol kebijakan pemerintah serta tameng untuk melawan kabar hoaks.

Lebih lanjut Zainul menjelaskan, bahwa IWO bukan organisasi abal abal, tetapi organisasi terstruktur mulai dari pusat sampai daerah yang berbadan hukum sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang Undang Pers Nomor 40 tahun 1999.
 
Sementara itu, Wakil Ketua DPD IWO Situbondo, Syamsuri mengatakan, dirinya bertekad menjadikan DPD IWO Situbondo sebagai wadah dalam melahirkan wartawan yang profesional dalam menjalankan tugas dan profesi sebagai seorang jurnalistik.

"Menjunjung etika pers serta ikut memperjuangkan hak-hak wartawan  terkait kebebasan dan kesejahteraan pers dimasa yang akan datang," paparnya.

Samsuri mengajak, para insan media untuk menyatukan langkah untuk melawan segala bentuk intimidasi dan diskriminasi terhadap wartawan.

"Semua wartawan mempunyai hak dan  fungsi yang sama. Serta dilindungi Undang-undang Pers dari segala bentuk intimidasi dalam menjalankan tugas jurnalistiknya,” tegasnya.
 




 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV