SUARA INDONESIA

Dies Natalis ke-30, CIPHOC Pamerkan Karya Fotografi Alternatif

Lukman Hadi - 14 March 2023 | 17:03 - Dibaca 966 kali
Komunitas Dies Natalis ke-30, CIPHOC Pamerkan Karya Fotografi Alternatif
Pameran karya fotografi alternatif CIPHOC.

SURABAYA - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)Communication Photography Club (CIPHOC) Universitas Dr. Soetomo Surabaya pamerkan foto alternatif bertemakan "Kenangan" dalam perayaan Dies Natalis ke-30 tahun yang digelar mulai 13-17 Maret 2023.

Ketua Pelaksana, Zisti Shinta Maharrani mengatakan, pameran fotografi alternatif bertujuan silaturahmi lintas generasi dari setiap angkatan di CIPHOC dan juga menunjukkan eksistensi.

"Fotografi alternatif merupakan salah satu teknik dalam membuat karya fotografi tanpa menggunakan kamera seperti pada umumnya," ungkap Zisti.

Menurut dia, di era saat ini fotografi alternatif tetap ada dari beberapa pegiat foto yang masih dipertahankan dan tetap eksis.

Selain pameran fotografi, UKM CIPHOC bakal menggelar seminar fotografi hitam putih dengan menghadirkan pemateri Muni Moon fotografer dokumenter pada Rabu 15 Maret 2023.

"Dies Natalis Ciphoc ke-30 merupakan ajang silaturami anggota CIPHOC dari tahun 1993 hingga sekarang, dengan dimeriahkan pameran fotografi alternatif yang diikuti oleh 9 pameris dari angkatan CIPHOC ke-26. Karya-karya yang dipajang meliputi Kamera Lubang Jarum (KLJ) Photogram, Scratching,' pungkasnya.

Foto-foto yang dipamerkan mengekspresikan ide-ide kreatif dalam menghasilkan karya foto tanpa mengunakan kamera. Dalam menciptakan rasa, imajinasi, ekspektasi dan fantasi saat menuangkan karyanya. 

Terdapat juga salah satu karya scratching dari pengkarya Charles Angi, yakini wajah dari Siti Marwiah selaku Rektor Universitas Dr. Soetomo.

Dengan kreativitas menampilkan goresan berbentuk wajah dan dengan warna-warni dari hasil pewarnaan spidol di klise roll film. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV