SUARA INDONESIA

Museum Tebuireng Jombang Pamerkan Musik Favorit Mantan Presiden RI

Gono Dwi Santoso - 21 August 2023 | 20:08 - Dibaca 1.11k kali
News Museum Tebuireng Jombang Pamerkan Musik Favorit Mantan Presiden RI
Salah satu pengunjung pameran musik ,Anita Musfiroh (25) saat mencoba mendengarkan alunan melodi musik favorit presiden BJ Habibie di museum MINHA Tebuireng Jombang, Senin ( 21/08/2023).( Foto: Gono Dwi Santoso/ Suaraindonesia.co.id)

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id - Koleksi musik dari beberapa Presiden Republik Indonesia dipamerkan di Museum Islam Nusantara Hasyim Asy'ari (MINHA) Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Senin (21/08/2023).

Pameran musik koleksi Presiden RI di antaranya Soekarno, BJ Habibie hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diberi tema "Alunan Musik Presiden" akan digelar mulai 21-27 Agustus 2023.

Pantauan di lokasi pameran tampak terpampang lengkap mulai dari tulisan historis, handset, TV LED sengaja disediakan penyelenggara untuk dinikmati pengunjung.

Koordinator Museum dan Cagar Budaya Kepresidenan RI, Pustanto mengatakan, musik merupakan bagian dari kebudayaan Indonesia, yang masuk dalam Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) termasuk musik-musik yang digemari oleh para presiden.

"Di mana Presiden juga manusia biasa, dibalik prestasi yang mereka dapat, justru perjalanan hidup juga tak luput dari musik," terangnya kepada media, Senin (21/08/2023).

Di tempat yang sama, Pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang, KH Abdul Hakim Mahfudz menjelaskan, pameran koleksi musik Presiden yang dilakukan oleh museum keliling koleksi kepresidenan itu, merupakan salah satu hal yang penting.

"Penting sekali ya, kita menghidupkan museum-museum itu untuk tempat anak-anak kita, untuk memberikan gambaran sejarah yang ada di Indonesia, karena sejarah itu sangat penting," jelasnya.

Salah seorang pengunjung, Anita Musfiroh (25) merasa terkesan karena bisa mendengarkan musik favorit Presiden BJ Habibie.

"Budaya Prancis yang dipelajari oleh Presiden BJ Habibie juga melekat pada seni musik yang ia sukai, dalam hal ini baru saya ketahui saat mendengarkan di sini," terangnya.

Anita berharap, dengan adanya koleksi alunan melodi Presiden di museum MINHA dapat menarik minat masyarakat.

"Dengan begitu minat masyarakat untuk menengok budaya dan sejarah di museum ini menjadi lebih banyak," tandasnya.

Perlu diketahui, Museum Islam Nusantara Hasyim Asy'ari Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang buka pukul 08.30-15.30 WIB. Bagi masyarakat yang ingin berkunjung tidak dipunguy biaya alias gratis.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV