SUARA INDONESIA

Operasi Zebra Semeru 2023 di Banyuwangi Digelar Dua Pekan, Sasar Pengendara Nakal

Muhammad Nurul Yaqin - 04 September 2023 | 13:09 - Dibaca 1.18k kali
News Operasi Zebra Semeru 2023 di Banyuwangi Digelar Dua Pekan, Sasar Pengendara Nakal
Apel gelar pasukan di Mapolresta Banyuwangi menandai Operasi Zebra Semeru 2023 telah resmi dimulai, Senin (04/09/2023). (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Satlantas Polresta Banyuwangi melangsungkan apel gelar pasukan, menandai Operasi Zebra Semeru 2023 telah resmi dimulai, Senin (04/09/2023).

Operasi Zebra Semeru ini digelar selama 2 pekan, 4-17 September 2023 dengan mengangkat tema ‘Kamseltibcarlantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024’.

Kasatlantas Polresta Banyuwangi Kompol Randy Asdar melalui Wakasatlantas Iptu Sugianto mengatakan, ratusan personel diterjunkan dalam giat ini. Operasi menyasar pengendara roda dua dan roda empat yang 'nakal'.

Diantaranya pengendara yang menggunakan ponsel di jalan, pengendara di bawah umur, pengendara roda dua yang lebih berboncengan dari satu, pengendara roda empat yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

Selain itu pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm SNI, pengendara motor dalam pengaruh alkohol, pengendara lawan arus dan melebihi batas kecepatan.

"Termasuk pengendara roda yang menggunakan knalpot brong serta balap liar yang biasanya dilakukan oleh sekelompok pemuda di malam hari," kata Sugianto.

Target dari operasi ini untuk menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, menurunkan angka kecelakaan hingga meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

"Operasi Zebra Semeru 2023 bertujuan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas. Sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan pengendara lain," imbuhnya.

Sugianto menyebut, Satlantas akan memaksimalkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik dalam melakukan penindakan selama operasi berlangsung. Untuk pelanggaran yang tidak terjangkau ETLE, akan dilakukan tilang manual.

Sejumlah titik menjadi perhatian khusus Satlantas Polresta Banyuwangi selama operasi. Di antaranya tempat yang rawan terjadinya kecelakaan, rawan pelanggaran lalu lintas dan rawan kemacetan.

Rawan laka lantas seperti di Jalan Yos Sudarso, Klatak menuju arah Ketapang sampai perbatasan Wongsorejo. Rawan pelanggaran yakni di Jalan Gajahmada, Lampu Merah Cungking yang kerap dijadikan area balap liar saat akhir pekan. 

Terakhir rawan kemacetan diantaranya Pasar Blambangan, Pasar Kota Banyuwangi, Pasar Rogojampi, Pasar Genteng. 

"Tilang dilakukan secara ETLE dan ada juga teguran di tempat. Pengendara yang kedapatan melanggar akan ditindak sesuai aturan yang berlaku. Tentu yang kami kedepankan secara edukasi, persuasif dan simpatik," tegasnya.

Satlantas Polresta Banyuwangi mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi setiap peraturan lalu lintas serta mendukung pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2023 ini.

"Kami ingatkan kepada masyarakat agar berhati-hati di jalan, lengkapi surat-surat, dan tentunya jaga keselamatan," pintanya.

 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV