SUARA INDONESIA

Polda Jateng Gelar Operasi Zebra Candi Mulai 4 hingga 17 September 2023

Andi Saputra - 04 September 2023 | 17:09 - Dibaca 983 kali
News Polda Jateng Gelar Operasi Zebra Candi Mulai 4 hingga 17 September 2023
Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho saat mengecek kesiapan anggotanya. (Foto : Andi Saputra/Suaraindonesia.co.id).

SEMARANG, Suaraindonesia.co.id - Operasi Zebra Candi 2023 resmi diberlakukan. Kegiatan operasi yang berskala nasional ini berlangsung dua minggu, dimulai tanggal 4 hingga 17 September 2023 mendatang. Di Jateng kegiatan ini melibatkan sekitar 2800 personel Polri didukung sejumlah stake holder terkait.

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan, operasi ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menurunkan angka pelanggaran serta fatalitas kecelakaan di jalan raya.

"Juga untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,"ujarnya, Senin (4/9/2023).

Menurutnya, operasi zebra candi akan dilakukan dengan beberapa metode antara lain sosialisasi, edukasi, teguran hingga penegakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas.

"Penegakan hukum dilakukan secara humanis, diprioritaskan dengan menggunakan ETLE. Namun demikian tilang manual tetap diberlakukan untuk pelanggaran tertentu," terangnya. 

Agus menuturkan, Jajaran lalu lintas Jawa Tengah, ungkap Dirlantas, mempunyai ratusan kamera ETLE antara lain ETLE statis berjumlah 42 kamera dan ETLE handheld berjumlah 820 kamera dan juga mengoperasikan ETLE drone yang akan digunakan dalam operasi ini.

Agus menambahkan, Terkait sasaran operasi candi zebra ada sembilan pelanggaran prioritas antara lain pengendara menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang (cenglu boceng telu / berboncengan tiga).

"Pengendara motor tanpa helm SNI dan pengemudi mobil tidak mengenakan sabuk pengaman, pengendara dan pengemudi kendaraan dalam pengaruh alkohol, pengendara melawan arus, dan melebihi batas kecepatan dan termasuk juga dalam hal ini, balap liar," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Andi Saputra
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV