SUARA INDONESIA

Kontes dan Expo Ternak Akan Digelar di Cilacap, Ada Sapi Limosin dan Domba Jawa Randu

Satria Galih Saputra - 15 September 2023 | 18:09 - Dibaca 1.21k kali
News Kontes dan Expo Ternak Akan Digelar di Cilacap, Ada Sapi Limosin dan Domba Jawa Randu
Kontes dan Expo Ternak di Cilacap (Foto : istimewa/Suaraindonesia.co.id)

CILACAP, Suaraindonesia.co.id - Kontes dan Expo Ternak kembali digelar tahun ini di Kabupaten Cilacap. Kali ini, kegiatan yang telah menjadi agenda rutin tiap tahun ini akan diadakan di Lapangan Sunan Kalijaga, Desa Kuripan Kidul, Kecamatan Kesugihan pada Sabtu 23 September 2023.

"Ini merupakan komitmen Pemkab Cilacap dalam memotivasi para peternak, khususnya ternak sapi, kambing, dan domba," ujar Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Slamet Sugino kepada Suaraindonesia.co.id, Jumat (15/09/2023). 

Diharapkan melalui Kontes dan Expo Ternak ini, sektor peternakan di Kabupaten Cilacap semakin menggeliat dan kembali bangkit. 

"Selama 2 tahun terakhir, dunia peternakan lumayan terpukul dengan adanya beberapa wabah penyakit seperti PMK dan LSD, sehingga nantinya peternak di Cilacap kembali bergairah untuk usaha," kata Slamet. 

Disamping itu, lanjut dia, kegiatan tersebut juga sebagai sarana untuk bersilaturahmi dan bertukar informasi maupun pengetahuan diantara pelaku usaha ternak. 

Adapun hewan ternak yang akan dilombakan dalam kontes itu meliputi anakan sapi hasil inseminasi buatan, simental dan limosin usia 5-12 bulan kelas jantan dan betina. 

Sementara untuk kambing sendiri kambing jawa randu dan domba ekor silangan umur 1-2 bulan jantan dan betina. 

"Sampai hari ini yang sudah mendaftar baru sekitar 50 orang dan target kami untuk peserta kontes sekitar 300 orang," ungkap Slamet. 

"Untuk juri sendiri, kami mendatangkan dari Asosiasi Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) serta akademisi dari Fakultas Peternakan Universitas Jendral Soedirman Purwokerto," imbuhnya.

Selain kontes, ada juga layanan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan masyarakat Cilacap dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia dan pengobatan ternak gratis. 

"Vaksinasi ini untuk hewan pembawa rabies seperti anjing, kucing, kera dan musang yang dipelihara, harapannya agar terjaga kesehatannya dan terhindar dari penyakit rabies," ucap Slamet. 

Untuk meramaikan acara, terdapat pula stan-stan dengan mengundang asosiasi ternak di Cilacap diantaranya peternak kelinci, pecinta kucing, musang, dan himpunan peternak domba kambing dan lainnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Yuni Amalia

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV