SUARA INDONESIA

Peduli Lingkungan dan Satwa, Pemkab Jombang Tanam 1.500 Pohon di Kampung Adat Segunung

Gono Dwi Santoso - 13 November 2023 | 18:11 - Dibaca 979 kali
News Peduli Lingkungan dan Satwa, Pemkab Jombang Tanam 1.500 Pohon di Kampung  Adat Segunung
Pj Bupati Jombang Sugiat bersama jajaran Forkopimda menanam pohon di Kampung Adat Aegunung, Desa Carawulung, Kecamatan Wonosalam, Senin (13/11/2023). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

JOMBANG,SUARA INDONESIA - Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) dengan aksi menanam pohon, Senin (13/11/ 2023).

Sebab, peringatan HCPSN itu bersamaan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang juga berbarengan dengan Ruwatan Sumber Tujuh Mata Air.

Aksi tersebut dipusatkan di Balai Ageng Giri Kedaton Kampung Adat Segunung, Carangwulung, Wonosalam Kabupaten Jombang.

Kegiatan ini sebagai bentuk kecintaan dan kepedulian terhadap kelestarian bumi beserta isinya. Selain menanam pohon, juga ada kegiatan pelepasan burung ke alam liar.

Pj Bupati Jombang, Sugiat mengatakan, kegiatan itu sebagai wujud komitmen pemerintah daerah terhadap cinta lingkungan, khususnya di Wonosalam dan Bareng.

Karena dua wilayah ini merupakan penyangga sumber mata air. "Kalau kita tidak menjaga, ya tidak tahu Jombang ke depan seperti apa,” ucapnya,

Oleh karena itu, kata dia, hari ini adalah momentum yang bagus untuk dimanfaatkan dengan melibatkan stakeholder terkait. Termasuk pegiat lingkungan. "Kita menanam pohon sebanyak 1.500 bibit. Ada pohon alpukat, dan durian juga ada,” tuturnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jombang Miftahul Ulum mengatakan, kegiatan ini merupakan kearifan lokal yang telah menjadi budaya bagi masyarakat Desa Segunung untuk menjaga hutan dan sumber mata air.

"Jumlah yang ditanam secara simbolis tadi ada 15 pohon. Sisanya akan ditanam sebanyak 1.500 pohon di tujuh sumber mata air yang ada di Kampung Adat Segunung," jelasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV